Liburan Musim Dingin Akhir Tahun di Hongkong-Macau 26 Des 16 - 4 jan 17Bawa Balita

Hello Guyss!! Seperti yang udah aq mention di post sebelumnya, kalo aq baru pulang dari liburan ke Hongkong dan Macau dari tgl 26 desember - 4 januari lalu. So kali ini aku pengen nge-share liburan aku bulan desember lalu, siapa tahu bisa bermanfaat buat yg berencana liburan ke Hongkong pada musim dingin tahun ini dengan membawa balita. :)

Jadi ini sudah kedua kalinya kami jalan sendiri bertiga aja tanpa tur. Alasannya sih udah jelas, kalo bisa jalan sendiri kenapa harus pakai tur? Secara jalan sendiri itu jauh lebih bebas dan nyaman. Hehe... Tapi tentu saja harus tahu tips dan triknya, nanti akan aku beritahu rahasianya. :)

TIKET
Berhubung beli nya cukup mepet jadi kita boros cukup banyak di tiket pesawat, yaitu sekitar 6 juta untuk PP per orang dari Surabaya-Hongkong. Kita juga pesan makanan sekaligus saat booking tiket nya krena kalo mau naik pesawat biasanya ga sempet makan. :P Kalo ke Macau nya, pake turbojet dari Hongkong yg tiketnya juga bisa dipesan online. Kita ga reservasi langsung di web nya tapi beli voucher nya di aplikasi Klook (bisa di download di IOS), harganya 523.600 untuk PP HK-Macau per orang.

VISA HONGKONG DAN MACAU
Ke Hongkong dan Macau jadi mudah karena bebas visa, tapi pas di pesawat dari KL ke HK kita akan dikasih form kecil sama pramugari yg harus diisi untuk pemeriksaan imigrasi saat tiba di HK. Dari HK ke Macau juga wajib bawa passport karena harus melewati imigrasi lagi. Saat di ferry terminal Hongkong, kita juga harus ngisi lagi form yg sama saat di pesawat dari KL-HK tadi sebelum melewati imigrasi. Pas balik dari Macau kembali ke HK naik turbojet, kita juga akan disuruh mengisi form yg sama lagi. Form yg dimaksud ini cuman kayak keterangan yg berisi identitas kita, tempat kita menginap selama di negara tujuan, dan no pernerbangan ke negara tujuan.

PENGINAPAN
Sanking padatnya penduduk di Hongkong jadi semua penduduknya sudah tinggal di apartment/flat. Beruntung kita di Indonesia masih bisa membangun rumah pribadi, kalo di Hongkong penduduknya tinggal di apartment yg tentu saja bikin ruang gerak nya juga jadi terbatas. Hotel2 di HK juga harganya rata2 mahal dan ruangannya pun sangat sempit.

Jadi kita mutusin pake AirBnb selama stay di HK krena jauh lebih nyaman kalo jalan2 sama family. Beruntung kita dapat apartment murah sekitar 600.000 an/malam di daerah Tai Kok Tsui, Kowloon. Ruangannya sih ga terlalu luas tapi jauh lebih nyaman dibandingkan nginap di hotel yg hanya ranjang doang. Di kamar apartment ini dua kamar tidur, 1 ruang tamu, dapur, kamar mandi dengan bathtub/shower plus air panas, wifi, tv, dll.
 Lobby di Apartemen
 Pemandangan di dalam apartemen

Kamar utama. (Sorry kalo agak messy :p )

Di dalam apartemen ini juga ada playground untuk anak2, drink machine, taman dan lingkungan nya sangat bersih. Para pegawai atau security nya juga selalu standby untuk membukakan pintu kalo ada tamu apartment yg keluar masuk dan mereka juga rata2 sangat ramah walau kita ga ngerti bahasanya. Haha...
playground di dalam apartemen

Untuk belanja keperluan sehari2 tersedia circle K atau ada juga supermarket di dalam shopping mall dekat apartment. Kalo mau laundry bisa bawa ke shopping mall nya, harganya juga cukup murah sekitar HKD 100 per 5 kg, dibandingkan di tempat lain yg rata2 minimal HKD 300.

Walaupun di dalam apartemen ada playground, di luar apartemen juga ada taman dan playground untuk anak2 dan orangtua bersantai tapi kita ga sempet masuk kesana. Hehe...

Ini adalah alamat apartment nya selama kami stay di HK:

Flat 34H Tower 1 Metro Harbour view 8 Fuk Lee Street Tai Kok Tsui Kowloon, Hong Kong
Chinese: 香港大角咀褔利道八號,港灣豪庭一座三十四樓H

Mungkin aja bisa jadi referensi untuk cari penginapan di HK. Tapi booking nya lewat airbnb. Owner nya cukup ramah mau memberikan informasi dan tips2 yg kita butuhkan selama di HK.

TRANSPORTASI
Ini adalah hal yg paling krusial selama jalan2 di HK membawa balita. Sebenernya transportasi yg paling murah dan nyaman buat jalan2 di HK ya naik MTR atau Bis krena kita tinggal beli kartu Octopus saat tiba di bandara Hongkong terus bisa dipake kemana aja saat naik bis/MTR, bisa top up di dimana saja, dan harganya juga jauh relatif murah dibandingkan dengan taxi. Kalo naik MTR ke tujuan manapun cuma sekitar HKD 9-10, kalo naik bisnlebih murah lagi sekitar HKD 4-7.

Tapi kalo bawa stroller atau barang bawaan banyak, mungkin terpaksa harus naik taxi krena bis/MTR tidak mau nunggu kita buka tutup stroller dan bawa barang2 yg banyak. PLUS, kalo naik MTR itu jalanannya cukup jauh dari pintu masuk sampe ke MTR nya. kita harus naik turun tangga/eskalator dan teliti baca papan penunjuk naik MTR tujuan yg mana. Naik bis juga sama, kita harus jalan kaki cukup jauh ke terminal bis nya dan harus tw nomor bis nya ke tempat yg mau dituju. Jadi bisa dibayangkan sangat capek dan ribetnya kalo bawa balita, belum lagi sama stroller nya dan barang2 keperluannya. Kalo naik MTR, emang rata2 ada lift sih untuk yg bawa stroller atau penyandang cacat, tapi muternya jadi lebih jauh lagi buat nyari lift itu. Not so recommended deh.

Jadi saran aku, kalo tetep mau naik bis/MTR saat bawa balita, sebaiknya ga bawa stroller dan semua keperluannya udah disiapkan dalam 1 tas yg mudah dibawa jadi lebih nyaman pas jalan. Atau kalo mau bawa stroller juga gpp kalo ada yg ringan, dan yg paling penting sebaiknya dalam kondisi dilipat kalo udah masuk stasiun MTR atau saat mau naik bis.

Transportasi di HK teramat sangat nyaman, rute kemanapun sangat jelas mau naik bis/MTR. Tinggal buka aplikasi Google Maps, dan pilih lokasi yg mau dituju kita bisa langsung memilih rute tercepat pake bis/MTR/taxi atau bahkan bisa dengan jalan kaki. :) Bis dan MTR di HK sangat bersih dan nyaman, orang2 disana juga sangat santun. Saat di bis/MTR, anak muda biasanya akan langsung otomatis berdiri kalo ada orang tua, ibu hamil, atau bawa anak kecil. Mereka disana sudah paham kalo kursi prioritas atau bukan prioritas sekalipun untuk yg lebih membutuhkan, ga kayak di Indo yg udah ada tulisan prioritas tp masih diduduki sama anak muda pula. Hue9.

Kalo bawa balita atau barang bawaan/belanjaan banyak emang paling nyaman naik taxi krena ga pake mampir2 n langsung ke tujuan. Kalo daerah Kowloon biasanya taxi nya yg warna merah dan mau jauh atau dekat tarif minimal nya HKD 22. Cuman supir taxi disana rata2 ga ngerti bahasa inggris dan kita pun ga bisa bahasa mereka, jadi pastikan kita bisa menunjukkan ke supir nya nama tempat yg mau dituju dalam tulisan mandarin (digarisbawahi) ya. Kalo kita beli simcard Hongkong biasanya akan langsung muncul nama tempat yg mau dituju dalam tulisan mandarin saat ketik di google. Jadi ga bakalan tersesat, cuma ya harus cerdik sedikit.

Supir taxi disana juga ga akan bantuin masukin barang2 ya, jadi kita sendiri yg ngangkat barang2 kita ke taxi. Kalopun dibantuin pun pasti ntar kena charge. Kalo naik taxi juga wajib pake seatbelt kalo ga mau berurusan dengan hukum, dan ga boleh merokok selama di taxi. Kalo melanggar bisa kena denda sebesar HKD 5000. Wow... Kalo abis minum alkohol pun dilarang nyetir. Disana peraturannya emang ketat banget, tapi penduduknya juga sangat taat dengan peraturan makanya nyaman sekali tinggal di HK.

Kalo dari apartemen kami, taxi nya selalu stand by di depan lobby dan ada sistem antrian. Jadi hanya boleh 1 taxi yg nunggu depan lobby, kalo sudah terisi baru taxi berikutnya boleh maju. Di HK semuanya serba tertib, nyaman sekali pokoknya. :)

ITINERARY
Karena jalan sendiri jadi aku harus menyiapkan itinerary sendiri. Cuman apa yg diketik dengan pas pelaksanaan nya ternyata ga bisa 100% sama. Haha... Pas sampe di HK ada beberapa tempat yg ga jadi dikunjungi karena tempat wisata nya outdoor dan perjalanan nya lumayan jauh plus hawa yg sangat dingin jadi ada beberapa tempat yg dibatalin. Jadi ini itinerary kami selama di Hongkong dan Macau:

HONGKONG
DAY 1 - Perjalanan dari Surabaya ke Hongkong (Transit di Kuala Lumpur)
DAY 2 - Disneyland
DAY 3 - Causeway Bay Plaza
DAY 4 - Citygate Outlet, IFC Mall
Day 5 - Ladies Market, Mongkok
DAY 6 - Nan Lian Garden, Plaza Hollywood Mall
DAY 7 - Tsim Tsa Tsui Harbour

MACAU
DAY 8 - Perjalanan dari Hongkong ke Macau dengan Turbojet
DAY 9 - Senado Square, Ruins of St. Paul, St. Dominic Church, City of Dreams
DAY 10 - Perjalanan dari Macau kembali ke Hongkong, Pulang ke Surabaya

Selama di HK pada akhirnya kita malah kebanyakkan nge-mall karena ga tahan sama udara dingin di luar. Haha... Plus angin nya juga kencang banget, nih pipi rasanya kayak ditampar sama es. Brrr... Kita belum sempet ke Victoria Peak, Big Buddha, dan Po Lin Monastery, mungkin next time kalo dikasih kesempatan buat kesana lagi kita mau mengunjungi tempat2 yg belum sempet dikunjungi pas ke HK kemaren.

BAHASA
Ga perlu takut tersesat di Hongkong karena disana selalu ada papan penunjuk yg jelas dalam bahasa inggris. Kalo orang2 di HK sih banyak yg bs bahasa inggris dan banyak juga yg ga bisa. Haha... Di tempat2 yg kita kunjungi dimanapun rata2 ga bisa bahasa inggris smua, tp jangan khawatir krena pasti ada 1-2 orang yg bs "sedikit2" bhasa inggris. Para security di apartemen kami aja ga ada yg bisa bahasa inggris, bahkan supir taxi, pelayan resto, dll. Haha...

MAKANAN
Di Hongkong makanan nya rata2 mahal, kalo di Indonesia 300.000 udah bisa makan sepuasnya. Tapi di HK 300ribu hanya untuk sekali makan apalagi kalo di resto di mall bisa sampe 500ribu sekali makan. Tapi makanan di Hongkong rata2 porsi nya besar, daging nya tuh gede2 semua. Haha... Aq heran kenapa orang HK bisa kurus2 padahal porsi makanan nya gede2 dan bergizi semua. Untuk cita rasa nya masih cocok di lidah kami krena kami emang terbiasa makanan chinese food, cuma untuk turis muslim mungkin perlu teliti saat memesan makanan krena resto2 di HK selalu pake pork, tapi chicken ato beef juga ada kok. Cuman kalo ga bisa mandarin, mungkin ga bisa makan di resto2 kecil karena menu mereka cuma tulisan mandarin.

PERLENGKAPAN MUSIM DINGIN
Pas ke HK kemaren kita terpaksa bawa 2 koper besar dan 1 koper kecil, dan barang bawaan nya emang banyak krena baju tebal kita bertiga aja udah ngabisin banyak space di koper. Tapi bisa diakali dengan alat vakum biar koper nya ga terlalu penuh. Karena bawa balita jadi aq bener2 nyiapin semuanya mulai dari baju hangat si Kenzo, pampers aq bawa 50 biji, susu nya 2 kaleng, perlatan makan, dan obat2an.

Untuk baju hangat dan aksesoris nya aku udah beli dari dua bulan sebelumnya di aplikasi Aliexpress. Disitu udah lengkap semua mulai dari long john, sweater, jaket, topi, syal, sarung tangan, kaus kaki sampe sepatu ada semua mulai dari harga yg termurah sampe paling mahal dan model nya juga bagus2. Untuk kualitas tentu saja sesuai dengan harga ya. Kalo mau cari baju hangat banyak yg merekomendasikan beli di website Uniqlo. Jadi kalo mau pergi pas musim dingin, mungkin perlu "berburu" dari jauh2 hari atau mungkin dari musim dingin setahun sebelumnya kan pasti ada banyak diskon2 tuh. Hehe...

Pengeluaran untuk beli pakaian hangat ini emang cukup menguras krena kita belum pernah punya sebelumnya. Tapi bisa dipakai lagi kalo mau pergi pas musim dingin. :) Pas di HK kemaren ada banyak sale2 pakaian musim dingin mulai dari yg ga bermerek sampe brand terkenal. Mungkin bisa nitip kalo ada kenalan di HK, atau bawa barang seperlunya aja terus baru belanja disana juga bisa.

CUACA DI HONGKONG DAN MACAU PADA BULAN DESEMBER
Ini pertama kalinya aku ngerasain yg namanya musim dingin walaupun di HK atau Macau ga sampe turun salju. Tapi buat aq yg ga tahan dingin ini rasanya sangat menyiksa. Pertama kalinya ngerasain suhu yg anjlok sampe 9 derajat bikin aq sempet kena demam di hari kedua. Rasanya ga terlupakan banget. Sanking dinginnya bikin kita enggan mandi wlaupun ada air panas, tp skali buka baju langsung  brrr dingiin. Hehe... Jadi kalo temen2 ada yg ga tahan dingin kyak aq sebaiknya pikir dua kali untuk pergi pas musim dingin. Atau harus persiapan yg matang supaya ga beku disana (LOL) mulai dari pakaian hangat, aksesoris nya kayak syal, topi, sarung tangan, kaos kaki, dll plus obat2an anti masuk angin, demam, dll jangan sampai ada yg terlewatkan. Kalo masih ada space di koper mungkin bisa bawa selimut sendiri biar lebih hangat.

Jangan berharap ada pemanas/penghangat di hotel/apartment di HK krena belum tentu bekerja atau malah tetep ga mempan sanking udara nya dingin banget. Di apartemen kami malah ga ada penghangat ruangan sama sekali, walaupun jendela nya ditutup rapat tetep aja udara dingin itu bisa masuk n bikin kita kedinginan. Mau cuci tangan atau cuci muka semuanya serba dingiinn air nya kayak es.Tapi cuma my hubby aja yg udara dingin masih minum nya dingin terus, aq sendiri ga kuat pasti pilih minuman hangat terus. Hehe....

Selama di HK kemaren untungnya cuacanya sangat bersahabat walaupun dingin banget dan berangin tp ga hujan atau sampai badai. Matahari nya selalu bersinar terik tapi tetep aja dingin euy. :D Kalau di Macau kemaren udaranya agak lebih hangat kata my hubby, tp bagiku tetaplah dingin. Haha... Di Macau juga ga hujan sama sekali, cuma dingin tapi ga berangin juga.

SIM CARD DAN KARTU OCTOPUS
Kalo ke Hongkong kita pasti akan pakai yg namanya Octopus Card ini. Aku kurang tahu kenapa namanya Octopus, mungkin untuk menggambarkan betapa mudahnya mau kemanapun di HK seperti octopus yg tentakel atau kaki nya banyak. Hehe... Kartu Octopus ini bisa dibeli pas tiba di bandara Hongkong seharga HKD 150, dapet saldo nya juga sama HKD 150 tapi dipotong HKD 50 untuk deposit. Kartu ini bisa dipakai untuk naik bis/MTR di HK.

Di HK, namanya MTR ya bukan MRT walaupun menurut aku "wujudnya" sih sama aja. :) Kalo soal kenyamanan sih mungkin lebih nyaman bis ya karena MTR selalu padat dengan manusia jadi kemana2 selalu ga dapat tempat duduk. Kartu Octopus ini bisa dikembalikan ke counternya sebelum meninggalkan HK dan deposit kita akan dikembalikan. Tapi kemaren sanking waktunya udah mepet mau naik pesawat apalagi gate nya juga jauh banget jadi kelupaan ngembaliin kartu ini. Jadi ya sudahlah untuk kenang2an aja. :')

Selain kartu Octopus, kita juga bisa beli mobile simcard Hongkong di bandara nya. Harganya lumayan mahal sih sekitar HKD 168, jadi yg beli cuma hubby aja. Itu cuman bisa buat internet sepuasnya selama 7 hari dan gratis nelpon ke nomor Hongkong, di luar itu kena roaming. Sayangnya aku lupa fotoin simcard nya. :P Owh ya, kalo mau nelp di HK kode telp nya diawali dengan +852 (nomor telepon), pengalaman kita kemaren ga bisa nelp di HK karena bingung kode nya. Pokoknya harus persis seperti itu, jangan lupa diawali dengan tanda "+".

Kalo butuh Internet sih sebenernya ga perlu khawatir di HK karena kemanapun kamu pergi pasti selalu nemu wifi gratis. Sepanjang jalan di HK kemaren aq kemana2 selalu bisa pake Internet, dan kalo mau nelp pun bisa pake line/wa. :)

JALAN SENDIRI TANPA TUR? INI RAHASIANYA
Sebenernya jalan2 sendiri atau pake tur itu ada plus minus nya tinggal disesuaikan sama kondisi dan budget kita aja. Kalo cuma individu biasanya banyak yg lebih suka jalan sendiri alias backpacker atau bisa juga jalan rame2 bareng komunitas backpacker, itu salah satu impian aku sih dari dulu yaitu bisa jalan sendiri ala backpacker. Hehe... Kalo jalan bareng keluarga sih bisa pake tur atau kalo ada anggota keluarga yg bisa jadi pemandu sih ga masalah jalan sendiri. Jalan dengan tur itu enak juga sih menurutku karena kita bisa dapet teman baru dan harga paket tur itu biasanya sudah benar2 diatur dengan baik jadi kita ga perlu mikirin apa2 lagi pokoknya tinggal nunggu waktunya berangkat. Cuman jadwalnya udah pasti padat banget dan pagi2 banget udah jalan biar ga buang2 waktu. Tapi kalo model kayak kita yg "moloran" gini udah pasti ditinggal pas tur. Haha...

Soalnya si Kenzo tuh anaknya aktif dan lincah banget, dan bobo nya juga sering malam banget. Jadi kita sering kecapekan dan jadinya bangun selalu kesiangan. :P Makanya kita lebih suka jalan sendiri, walaupun lebih ribet karena harus menyiapkan semuanya sendiri tapi jalan pun lebih nyaman. Mungkin dulu kita ga ngerti, tapi kalo punya beberapa aplikasi ini pasti siapapun bisa jalan sendiri kemanapun tanpa takut tersesat. Dijamin deh...

Trip Advisor
Siapa yg ga tau aplikasi yg satu ini? Trip Advisor ini kayak ensiklopedia semua negara di seluruh dunia dan kita bisa tahu tempat2 recommended di negara yg mau kita kunjungi, tempat2 makan populer, dan berbagai hal seru lainnya yg bisa kita lakukan di negara tujuan. Jadi sebelum ke HK dan Macau kita sudah punya list tempat2 yg ingin dikunjungi saat tiba di HK dan Macau nanti dari aplikasi ini.

Traveloka
Kalo mau beli tiket pesawat/booking kamar, Traveloka selalu jadi andalan aku. Harga penginapan dan tiket pesawat yang ditawarkan di Traveloka sangat bervariasi dari yg paling murah sampe yg paling bagus dan mahal. Kalo traveller sejati sih sudah pasti nyari yg murmer dong ya kan? Haha... Ga ada yg salah dengan cari harga murah, triknya sih pesen dari jauh2 hari atau selalu pantau social media nya terus sapa tau bisa dapet promo murah. Hehe...

AirBnb
Di Indonesia kayaknya masih belum banyak yg familiar dengan aplikasi yg satu ini. Tapi sekali pernah pake app ini pasti bakal ketagihan. Kita udah sering pake airbnb ini untuk cari penginapan di dalam maupun di luar negeri. Lewat airbnb ini kita bisa menginap di rumah/apartemen orang lain di kota/negara yg kita kunjungi. Tinggal pilih kita maunya nginep di rumah orang (biasanya ada kamar kosong yg disewakan) atau ada juga yg satu rumah disewakan, atau nginap di kamar apartemen mulai dari yg murah sampe mewah ada semua, kembali ke budget kita sendiri. Aq kemana2 prefer airbnb krena kalo nginap di rumah orang/apartemen pasti lebih lengkap fasilitas nya dan kita juga bisa tanya2 informasi sama owner nya. Apalagi kalo di luar negeri pasti kita butuh pling ngga 1 org yg bisa ditanya2in tentang negara tersebut atau kalo pas kita butuh bantuan.

Google Maps
Aplikasi yang satu ini sangat membantu kami selama liburan di HK dan Macau kemaren. Pas ke Singapore bulan januari 2016 kemaren, kami ga ada nyasar tuh walaupun baru pertama kali kesana karena ada aplikasi Google Maps ini. :) Dengan aplikasi ini bisa membantu kami untuk mengetahui rute tercepat ke lokasi tujuan sebaiknya dengan bis, MTR/MRT, taxi atau jalan kaki. Kalo buat para traveller sih pasti lebih suka jalan kaki kalo jaraknya dekat, tapi nyobain naik bis/MRT di luar negeri juga bisa jadi salah satu pengalaman yg menarik.

Klook
Aku bersyukur banget ga sengaja nemu aplikasi ini di advertisement FB tepat seminggu sebelum kita berangkat ke HK. Lewat aplikasi ini, kita pas ke HK bulan lalu ga perlu lagi ngantri beli tiket masuk Disneyland, naik kapal Aqua Luna, beli voucher makan dll. Pas ke Macau pun kita beli tiket PP turbojet nya juga lewat aplikasi ini.  Di Macau kita juga udah booking untuk naik Gondola di The Venetian lewat Klook ini. Pokoknya di aplikasi ini udah lengkap semua mau beli tiket masuk ke obyek wisata tertentu, tiket untuk naik wahana tertentu, voucher makanan di tempat wisata tertentu, tiket untuk naik transportasi tertentu kayak cable car, dan masih banyak lagi.  Sampe kartu Octopus, mobile simcard, dan tiket airport express juga kita bisa pesan lewat Klook ini. Apalagi yg ga ada coba? Hehe... Dan ga cuma di HK atau Macau tapi juga di berbagai negara lain. Jadi bisa dibayangkan sekarang betapa mudahnya jalan2 sendiri kemanapun. Hehe...

Voucher nya sendiri akan langsung muncul di aplikasi Klook kita setelah melakukan pembayaran. Untuk redeem nya bisa langsung nunjukin dari smartphone, tapi untuk lebih aman nya kita tetep print aja.

Di post berikutnya aku akan share my shopping haul at HK dulu baru melanjutkan cerita liburan aku selama di Hong Kong dan Macau. So tetep ikutin update blog ku terus yah... Hehe... ^_^