Korean Skincare Routine for Oily Skin

Hello everyone....
Di topik post kali ini, aq pengen membagikan sedikit tips tentang Korean Skincare Routine buat oily skin kayak kulit aq. Seperti yg kita tahu, kalo korean skincare itu ada buanyak, bermacam2, ribet sampe berlayer2 dan parahnya harus berurutan! Nah loh, buat yg masih newbie pasti jelas bingung harus mulai dari mana. 

Buat yg anti ribet/ga ada waktu juga pasti males banget mesti pake skincare yg banyak. Tapi sayang sekali, untuk mendapatkan kulit yang halus, cerah dan glowing kayak orang korea tentu saja butuh pengorbanan (iya dong... no pain no beauty, hehe...), baik dari segi waktu dan juga... biaya. hiks... Rata-rata cewek2 Korea rela loh ngabisin waktu berjam2 cuma buat ngerawat diri makanya jangan heran kalo kulit mereka mulus2 semua.


Kalo kamu emang peduli dengan kulit kamu apalagi buat yg udah 20 tahun ke atas, wajib mulai menggunakan produk perawatan kulit. Nah disini aq mau bagikan sedikit gambaran tentang Korean Skincare Routine. Di Internet banyak banget artikel yg membahas ini tapi isinya lumayan ribet, makanya aq berusaha untuk menjelaskan sesimpel mungkin dan step by step supaya lebih mudah dimengerti. :)

DAY ROUTINE

- Cleansing
Sebelum mulai beraktifitas di pagi hari, luangkan waktu beberapa menit untuk membersihkan wajah dengan sabun pembersih wajah favorit kamu. Untuk oily skin, disarankan yg berbentuk foam/gel, boleh ada butiran scrub sedikit tapi yg mild agar kulit ga perih dan iritasi.

- Booster
Booster ini keliatannya ga terlalu penting, tapi napa produk SK II FTE laku keras klo g pnting? hehe... yup, SK II FTE adalah salah satu contoh booster, yg dipake sebelum essence/serum dan sebelum/sesudah toner (tergantung toner buatan korea/western). Booster berguna banget untuk memaksimalkan penyerapan skincare ke kulit lebih cepat.

- Toner
Bagi orang western, toner berfungsi untuk mengangkat kotoran yg masih tersisa di wajah setelah cleansing. Sedangkan bagi orang Korea, toner berfungsi untuk "melunakkan" kulit ato umpamanya seperti membuka "gerbang" untuk tahap skincare selanjutnya. Di Korea, istilah toner ada bermacam-macam, seperti skin refiner, skin balancer, softener, dll.

- Essence/Serum/Ampoule
Step yg satu ini ga bisa di skip gitu aja, tapi juga bukan berarti harus dipake semua sekaligus, salah satu aja. Apalagi klo terlalu banyak layer, takutnya bisa bikin breakout. Ampoule bisa dibilang paling mahal krena kandungan bahan aktif nya paling tinggi dan paling cepat terserap kulit. Untuk oily skin, terserah mw pake yg mana, sesuai kebutuhan aja.

- Emulsion / Moisturizing Gel
Buat oily skin, sebaiknya pilih pelembab yg berbentuk emulsion/gel krena teksturnya lebih ringan jika dibandingkan dengan lotion/cream. Tekstur emulsion paling ringan, biasanya water based sehingga ga menutup pori2. 

- Eye Cream 
Eye cream ini wajib digunakan untuk menjaga elastisitas kulit di area mata dan supaya tampak cerah. Digunakan tiap hari pagi dan malam. Untuk oily skin, eye cream bisa dipake setelah emulsion/moisturizing gel. Tapi jika teksturnya lebih ringan, maka dipake sebelum emulsion. Intinya, gunakan skincare dari yg teksturnya paling ringan sampe padat supaya yg padat dapat meresap ke kulit melalui yg ringan. Hindari memakai eye cream dengan cara menggosok, tapi tekan2 ato tepuk eye cream secara perlahan di area mata, sebaiknya gunakan jari manis untuk apply eye cream.

- Sun Protection
Untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV, jangan lupa menggunakan sun protection. Untuk kulit sensitif,sebaiknya menggunakan sunblock, bukan sunscreen. Tapi jika bb cream/foundation kamu ada SPF nya maka step ini bisa di skip.

- Finisher
Skincare jenis ini masih tergolong baru, tapi di Korea populer banget krena bikin kulit jadi terlihat dewy and flawless secara sempurna. Teksturnya sangat ringan dan biasanya berbentuk spray/dikemas dalam botol. Dipakai pada step terakhir dari rangkaian skincare routine kamu, dan hanya untuk di pagi hari.



NIGHT ROUTINE

- Double Cleansing
Cleansing di malam hari agak berbeda dengan pagi hari, krena setelah seharian beraktifitas, otomatis wajah kita pasti jadi kotor dan kusam. Jadi mulai dengan cleansing oil untuk menghapus makeup, lalu lanjutkan dengan sabun wajah.

- Exfoliate
Tiap 2 minggu sekali ato kalo ga sempet, sebulan sekali wajib melakukan proses yg satu ini. Eksfoliasi ini penting bnget buat mengangkat sel2 kulit mati yg menumpuk di wajah karena kotoran, debu, makeup, dll. Kalo ga dibersihkan bisa menimbulkan jerawat, bikin wajah kusam, dan penggunaan skincare maupun makeup ga akan maksimal hasilnya. Biasanya bisa beruapa facial, chemical peeling, dll. Tapi kalo yg ga ada waktu / males perawatan di luar, mungkin bisa beli produk peeling/facial scrub untuk melakukan eksfoliasi di rumah. Tapi tentu aja hasilnya akan lebih maksimal kalo ditangani langsung oleh pakarnya. Tapi kalo pengen peeling sendiri di rumah, kamu bisa pake produk scrub yg butiran2 scrub nya halus/mild ato buat yg oily/sensitive skin bisa pake produk peeling gel.

- Booster
- Toner

- Sheet Mask/ Clay Mask
Masker biasanya dipake secara rutin 1-2 kali seminggu, bisa dipake kapanpun kamu ada waktu. Tapi kalo aq lebih suka di malam hari krena stelah capek seharian, pake masker ini bikin wajah jadi seger. Untuk oily skin sebaiknya pake masker yg berbahan clay untuk mengontrol kadar minyak di wajah atau sheet mask juga boleh tapi sesuaikan dengan jenis kulit kamu ya. 

- Essence, Serum, Ampoule
Untuk malam hari, biasanya ada serum nya berbeda yaitu night serum. Tapi kalo mau sama dengan pagi hari juga bisa.

- Emulsion/ Moisturizing Gel
- Eye Cream

- Sleeping Mask
Saat tidur, kulit akan beregenerasi lebih cepat sehingga dengan sleeping mask ato cream mask ini akan bekerja secara maksimal untuk memberikan nutrisi ke kulit. Sleeping mask ini berbeda dengan masker biasa krena ini sejenis krim malam yg dipake sebelum tidur, 2-3 kali seminggu ato bisa dipakai setiap hari.

Korean skincare routine bisa dibilang banyak banget dan emang ribet. Tapi itulah rahasia kulit halus dan cantik ala Korea walaupun tanpa pake makeup. Tapi semua kembali ke diri kita lagi mau mengikuti atau ga, apalagi skincare yg bagus juga harganya sangat mahal. Tapi banyak juga kok skincare Korea yg masih sesuai dengan budget kita, yg paling penting kita selalu menjaga dan memberikan nutrisi ke kulit daripada ga sama sekali. Dan semoga tips kali ini bermanfaat yah dan tolong dikoreksi kalo ada yg keliru (maklum, blogger juga manusia, hehe...). 

1 comment:

  1. Great post, have a nice day

    http://historiassparacontarr.blogspot.com/

    ReplyDelete