Event Report: Grand Opening Puspita Martha Surabaya

Dear Readers...!
Berhubung pas event aku banyak banget ngambil foto jadi butuh proses editing lebih lama n baru sempet share sekarang. Hehe... 

So, bertepatan dengan hari Kartini tgl 21 april lalu dijadikan momen yg tepat untuk meresmikan cabang baru dari Puspita Martha International Beauty School di Surabaya yg berlokasi di Perkantoran Office Park B1-16 Jl Bukit Darmo Golf. Acara grand opening ini meriah banget karena diresmikan sendiri oleh pendirinya yaitu Ibu Martha Tilaar, yg disebut2 sebagai salah satu Kartini Indonesia. :)


Sekolah Puspita Martha sendiri telah didirikan oleh ibu Martha Tilaar sejak 1970 dan menjadi sekolah kecantikan bertaraf internasional nomor satu di Indonesia yang telah melahirkan 350.000 lebih lulusan yang sukses menjadi beautypreneurs.
 
Aku seneng banget bisa diundang ke acara ini apalagi bisa melihat sosok Ibu Martha Tilaar secara langsung. Suasana pas grand opening ini sangat crowded karena selain para undangan juga banyak wartawan yg ingin nge-interview ibu Martha Tilaar. :P


Setelah acara peresmian, dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Ibu Martha Tilaar didampingi putrinya, Ibu Wulan Tilaar. Kemudian berlanjut dengan sesi interview di ruangan private. Pas interview, Ibu Martha Tilaar terlihat sangat antusias dan ramah dalam menjawab setiap pertanyaan dari para wartawan. Gelar Kartini emang cocok disematkan pada sosok ibu Martha Tilaar karena kharisma nya yg begitu kuat dan semangat nya yg tetap ingin terus berkarya dan memotivasi para wanita di Indonesia untuk terus maju dan menjadi lebih baik lagi.
Pas sesi interview berlangsung, para undangan justru diajak untuk mengikuti School Touring yaitu sesi 'tur singkat' untuk mengetahui lebih dalam tentang program2 di sekolah Puspita Martha. Walaupun aku dibolehin untuk bersama dengan para wartawan selama sesi interview, tapi aku juga penasaran banget seperti apa sih sekolah Puspita Martha itu jadi ga nunggu sampai interview selesai, aku kemudian 'keliling2' di sekolah ini. hehe...


Ini dia penampakan Hair Class di lantai 1, ruangan ini tempat para siswa yang memilih program School of Hair Dressing untuk belajar dan mengembangkan skill mereka di bidang penataan rambut.  FYI, di sekolah Puspita Martha ini punya 3 program pendidikan yaitu School of Makeup, School of Hair Dressing, dan School of Beauty Aesthetic & Spa.

Kebetulan acara grand opening ini juga berbarengan dengan ujian kelulusan para siswa angkatan pertama dari program School of Makeup tingkat Advance yaitu: Traditional dan International Bridal Makeup. Jadi ruangan di lantai 1 ini 'disulap' jadi ruangan 'ujian' dimana 8 siswa lagi sibuk mengikuti ujian alias mendandani model2 mereka. :) Di ruangan ini, para undangan juga berkenalan dengan dua pengajar profesional di sekolah Puspita Martha cabang Surabaya ini yang juga sudah terkenal sebagai professional MUA di Indonesia, salah satunya yaitu ibu Lucia Tan.
Para siswa terlihat sangat serius dan mahir saat mendandani model2 mereka. :)
 
Setelah menyaksikan seperti apa suasana ujian di Hair Class, lantai 1, acara School Touring terus berlanjut ke Aesthetic Class. Disini terlihat si instruktur lagi mendemokan salah satu teknik dari Basic Massage, yaitu Javanese Massage. Basic Massage sendiri adalah salah satu program siap kerja dari School of Beauty Aesthetic & Spa yang durasi belajarnya hanya 5 hari. Wah cepet banget yah..^^

Acara grand opening ini bisa dibilang 'padat' banget. Setelah sesi School Touring berakhir, para undangan dipersilakan untuk menikmati hidangan prasmanan yg sudah disediakan. Sesi lunch time berlangsung kira2 satu jam dan para undangan yg masih ingin mengikuti acara selanjutnya dipersilakan untuk ke ruangan acara berikutnya setelah makan siang.

Dan acara selanjutnya adalah demo makeup oleh 3 pengajar di sekolah Puspita Martha serta demo hasil makeup dari para siswa yang mengikuti ujian pada hari itu. Sebelum demo makeup dimulai, acara ini diawali dengan kuis kecil berhadiah. :D Undangan yg bisa menjawab pertanyaan2 dari MC akan mendapatkan souvenir dari sekolah Puspita Martha, dan waktu itu aku termasuk salah satunya yg berhasil dapet souvenir. Hehe...

Demo makeup ini dimulai oleh Ibu Lucia Tan, selaku pengajar di sekolah Puspita Martha Surabaya yg telah menyandang 2 gelar Diploma yaitu CIBTAC & CIDESCO dari sekolah Puspita Martha, Jakarta. Ibu Lucia Tan sendiri sudah menjadi profesional MUA sejak 1996 dan menyabet banyak penghargaan sekaligus merupakan direktur dari Martha Beauty Gallery.
 
Bisa terlihat hasil makeup dari ibu Lucia Tan benar2 sangat memukau. Dalam waktu yg sangat singkat, Ibu Lucia Tan terlihat sangat gesit dan expert mendandani modelnya mulai dari tanpa makeup sama sekali hingga menghasilkan makeup yg sangat fabulous. :) Sambil Ibu Lucia Tan mendandani modelnya, 4 siswa pertama yg ujian hari itu juga melakukan finishing touch pada model2 mereka sebelum mendemokan hasilnya.

Demo makeup dilanjutkan oleh Ms. Yeti yang mendemokan hasil makeup nya yang bertemakan Traditional Bridal Makeup.

Demo makeup ini semakin meriah karena kehadiran Mr. Fahrobi alias Mr. Obby bersama modelnya yg mengenakan busana karya Mr. Obby sendiri. Busana yg dikenakan model Mr. Obby ini terinspirasi dari Festival Topeng di Venesia yg menggunakan inspirasi warna2 tanah.
Sama seperti ibu Lucia Tan, Mr. Obby juga terlihat gesit sekali ketika mendandani sang model. Ga perlu waktu lama untuk menyelesaikan makeup nya dan kemudian undangan dapat menyaksikan hasil makeup dari Mr. Obby. Setelah giliran model Mr. Obby, dilanjutkan dengan demo hasil makeup dari keempat siswa yg tersisa.  


Setelah acara demo makeup dan exam on stage berakhir, acara terakhir yaitu Press Conference bersama Ibu Martha Tilaar, Ibu Wulan Tilaar dan Ibu Dyan Nugrah. Dan sesi ini bersifat tertutup karena hanya untuk para reporter, jurnalis, dan media promosi lainnya. Untungnya aku juga boleh mengikuti sesi ini, thank you soo much Kak Indana. ^^

Di sesi ini, Ibu Wulan Tilaar mengawali konferensi pers dengan menjelaskan alasan Puspita Martha hadir di Surabaya, yaitu karena Surabaya adalah salah satu kota yg strategis dan punya potensi untuk perkembangan Puspita Martha. Dengan hadirnya cabang Puspita Martha di Surabaya ini diharapkan dapat mengakomodasi para peminat beauty industry tanpa harus jauh2 belajar ke Jakarta. Puspita Martha sendiri memiliki keunggulan yg menjadi pembeda dengan sekolah2 lain yaitu 4M (Multi Certifications, Multi Discipline of Science, Multi Industrial Relationship, Multi Profesions)

Ibu Wulan Tilaar juga memperkenalkan salah satu alumni Puspita Martha yg telah sukses menjadi salah satu beauty preneur di Indonesia dan meraih banyak penghargaan di bidang makeup yaitu Ibu Dyan Nugrah. Ibu Dyan Nugrah adalah pendiri Hot Salsa Profesional Make Up Artist & Wedding Service yg telah berpengalaman di bidang makeup dan fashion designer.

Ketika giliran Ibu Martha Tilaar, beliau lebih banyak menekankan soal visi R.A Kartini yaitu agar perempuan tidak dipoligami dan ingin supaya para perempuan Indonesia bisa mandiri dengan cara mendirikan sekolah2. Oleh karena itu, di Hari Kartini tersebut jadi momen yg pas bagi Ibu Martha Tilaar untuk menyuarakan semangat hari Kartini yaitu bahwa perempuan harus bisa mandiri, mempunyai ketrampilan, memiliki identitas sebagai wanita Indonesia, ga boleh cengeng tapi terus berjuang. Sungguh aku terinspirasi & termotivasi banget pas denger statement ini. :')

Ibu Martha Tilaar juga mempromosikan buku nya yang baru dirilis tahun lalu, "From Zero to Hero", yg menceritakan bahwa dari seorang perempuan biasa bisa menjadi seorang pahlawan. Selain berkharisma, Ibu Martha Tilaar juga kayaknya ga pernah lelah untuk terus berkarya. Kagum dan bangga banget deh pokoknya dengan sosok ibu Martha Tilaar yg sangat mengharumkan nama Indonesia. Hehe... :)

Acara konferensi pers kemudian ditutup dengan acara foto bersama. Dan aku ngerasa tgl 21 april kemaren jadi hari yg spesiaaal banget karena bisa foto bareng dengan Ibu Martha Tilaar yg menurut aku adalah sosok pejuang wanita di Indonesia yg tidak hanya menghasilkan karya2 luar biasa di bidang kecantikan tapi juga selalu memotivasi wanita Indonesia untuk terus maju. Sukses selalu buat Ibu Martha Tilaar! :D
 

Abis acara masih dapet 'snack' dan juga goodie bag berisi beberapa produk Sariayu dan Dewi Sri Spa Martha Tilaar. Yeaay~~ Soo happy! lol..

So, bagi yang berdomisili di Surabaya dan mungkin selama ini tertarik untuk belajar di sekolah Puspita Martha, sekarang Puspita Martha telah hadir di Surabaya selain di Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta. Kalo ada kesempatan mungkin aku juga pengen banget belajar di Puspita Martha tapi untuk saat ini masih belom terpikirkan. Mungkin next time. Hehehe...

Dan buat yang pengen tau soal sekolah Puspita Martha, apa aja program2 pendidikannya dan berbagai informasi lainnya, langsung akses aja website resminya atau join komunitas nya Puspita Martha di bawah ini yaa. ^^ 

Aku juga mau ngucapin terima kasih banyak buat Puspita Martha International Beauty School dan Kak Indana selaku panitia Grand Opening Puspita Martha Surabaya yang udah ngasih undangan dan memberikan kesempatan buat aku untuk menghadiri acara grand opening ini. :D


Email: puspitamartha@mbg.co.id


THANK YOU FOR READING MY BLOG
xoxo

8 comments:

  1. Wahhh asik ya, tempetnya lumayan oke ya. Sayang yang diJogja kurang sreg saa tempetnya T_T
    Nice report Glory ^_^

    ReplyDelete
  2. Wah pengen deh belajar di puspita martha beauty school.
    Im Piccha

    ReplyDelete
  3. iya tempatnya lumayan... smoga bnyak peminatnya jd gedung nya jg lbih gede... hehehe... ow ya? emg d jogja gmna ce tmpatnya?
    thankyou... ^^

    ReplyDelete
  4. iyaa say.., bnyak plihan jurusan nya tinggal minatnya dimana... hehe...

    ReplyDelete
  5. iyaa... qta jg psti bisa sukses dan jadi beauty preneur asal tetap smngat n trus brjuang... hehe....

    ReplyDelete
  6. DiJogja tempetnya Ruko gitu. Bawahnya salon atasnya baru buat kursus dan yang kursusnya beberapa orang doank T_T
    Termasuk sepi tempetnya. Sayang banget deh >_<

    ReplyDelete
  7. Hi beautiful,

    I was just browsing through & stumbled upon your lovely blog - It looks gorgeous and it has interesting posts that I can relate to. I'm now following you via gfc, keep in touch love x

    Benish | Feminist Reflections

    ReplyDelete
  8. Halo , mau nanya nih .
    Gimana caranya untuk bisa kursus di puspita martha surabaya ?
    Thx

    ReplyDelete