Hindari Kesalahan Pemula dalam Menggunakan dan Memilih Makeup Base

Dalam menggunakan makeup sehari-hari, sebenernya ada banyak kesalahan yang tidak disadari sering kita lakukan. Tapi dalam topik kali ini aku hanya akan membahas beberapa kesalahan seputar penggunaan makeup base/primer. 

(Pic Credit: source1 | source2 )

Sebelum mulai, apa sih makeup base/primer itu?
Makeup base/primer adalah step yang paling pertama setelah skincare dan sebelum memakai makeup. Ada banyak istilah untuk menggambarkan makeup base/primer ini, yaitu seperti suatu lapisan tipis dan tidak berwarna sebelum menggunakan face makeup, atau seperti kanvas polos sebelum melukis, atau seperti tembok lama yang perlu dikasih lapisan baru dan polos terlebih dahulu sebelum dicat dengan warna lain. Produk yang satu ini mungkin sering diabaikan para newbie tapi menjadi sangat vital bagi para pro MUA bahkan mereka berani "investasi" sangat mahal di produk yg satu ini untuk mendapatkan hasil akhir makeup yang flawless dan sempurna. Tekstur makeup base/primer ini sendiri ada bervariasi, seperti gel, cream, balm, atau powder.


(Pic Creditsource )

Buat yang sudah sering menggunakan makeup sehari2 pasti sudah paham betul manfaat dari makeup base, tapi kenyataannya ini sering jadi kesalahan bagi para pemula atau makeup newbie.

- Tidak mengetahui bahwa ada produk makeup bernama makeup base/primer
Yang sudah expert soal makeup pasti menganggap ini lucu, tapi kenyataannya masih banyak yg tidak tahu kalo ada salah satu produk makeup bernama makeup base/primer. Bahkan ada juga yg makin bingung kalo makeup base itu masih ada lagi face primer, eye base/primer dan lip base. Ketiga2 nya sama2 berakhiran base/primer tapi fungsinya beda2 karena face primer ga bisa dipakai untuk mata atau sebaliknya eye primer untuk wajah. Nah loh? Makin bingung kan... Makanya kita perlu memahami dulu beberapa jenis primer sesuai area di wajah, dan tentu saja ukuran dan harga produknya juga tidak bisa sama untuk face primer, eye primer dan lip base. Tapi disini aku akan lebih menekankan pada manfaat dari face primer atau makeup base untuk wajah.

- Menganggap sepele produk makeup base
Salah satu kesalahan pemula dalam memakai bb cream/foundation yaitu biasanya melewatkan makeup base/primer. Padahal makeup base itu punya peranan yang penting banget, bahkan para MUA hingga yang sudah profesional sekalipun selalu memakai kan makeup base terlebih dahulu setelah skincare dan sebelum mengaplikasikan bb cream/foundation yaitu ya supaya makeup lebih awet dan tahan lama, menahan produksi minyak di wajah agar tidak berlebihan, menyamarkan tampilan pori2, memberi efek whitening, dan masih banyak lagi. 

- Menganggap bahwa makeup base adalah skincare
Banyak brand memang menambahkan fungsi2 skincare pada makeup base/primer, misalnya fungsi moisturizing, whitening, anti wrinkle, smoothen, dan masih banyak lagi pada makeup base supaya lebih praktis aja. Kenapa? Karena rata2 cewek (termasuk aku) terkadang malas pakai skincare yang "berlapis2" (emang kue lapis? hehe...) jadi sering tidak diawali dengan skincare dulu. Jadi menurut aku makeup base yg punya fungsi tambahan skincare itu membantu sekali supaya lebih efisien waktu aja. 

TAPI..... makeup base itu tetap bukan skincare ya...! Jadi kita boleh memakai skincare dulu sebelum makeup base, atau tidak sama sekali jika memang makeup base/primer kita sudah mencakup serangkaian fungsi skincare tertentu yang kita butuhkan. Apalagi kalo setelah itu pakai nya cc cream karena biasanya cc cream juga ada tambahan skincare nya jadi biar ga dobel2 aja skincare nya.

- Keliru memilih makeup base yang tepat
Bisa saja kita akan keliru saat membeli produk makeup base jika tidak mengetahui apa yang kita butuhkan. Tapi sekarang teknologi sudah lebih canggih dan informasi sangat mudah didapat, jadi kita bisa research dulu saat mencari produk makeup base yang tepat sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan kita.

- Menilai makeup base dari brand atau harganya
Tidak bisa dipungkiri sebagai cewek apalagi yang punya budget lebih pasti pengen nya beli produk makeup yang "high end" brand atau menilai bahwa semakin mahal berarti semakin bagus. Yang mahal sudah pasti kualitasnya berbeda dengan yang lebih murah, tetapi yang mahal bisa saja bukan untuk jenis kulit kita atau malah tidak sesuai dengan kebutuhan kita sama sekali. 

(Pic Creditsource )

Berikut ini aku akan membahas beberapa pertanyaan terkait dengan pemilihan makeup base yang tepat. Kalo mungkin temen2 punya pertanyaan lain, nanti akan aku update dan tambahkan di dalam post ini. :)

Sebenernya apa saja sih FUNGSI dari makeup base?
Berdasarkan hasil dari informasi yang aku kumpulkan, bahwa makeup base itu umumnya memiliki fungsi antara lain:

- Mempersiapkan kulit seperti "kanvas putih polos" sebelum dilukis atau dipoles dengan makeup
- Membuat wajah jadi halus seperti velvet
- Membuat tampilan pori-pori jadi lebih kecil atau tersamarkan
- Meratakan warna kulit yang tidak rata dengan sempurna
- Menjaga kelembapan kulit sepanjang hari
- Membuat makeup lebih tahan lama 
- Sebagai kunci penting untuk mendapatkan hasil makeup yang sempurna
- Menyerap minyak di wajah agar tidak berlebihan
- Membuat wajah terasa segar

Beberapa brand tertentu bahkan juga menambahkan fungsi2 skincare pada makeup base seperti anti aging, anti wrinkle, whitening, illuminating, hydrating, ditambah dengan kandungan SPF bahkan produk makeup base tertentu juga bisa menyamarkan kemerahan karena jerawat dan iritasi. Tentunya fungsi yang didapat akan sebanding dengan harganya ya.

Seperti apa sih kriteria makeup base yang bagus itu?
Tidak ada jawaban yang spesifik ya, yang pasti semua makeup base itu sudah diformulasikan sedemikian rupa supaya tampilan makeup kita lebih maksimal, tinggal kita butuhnya fungsi yang seperti apa. Kalo aku pribadi, karena kulitku cenderung berminyak dan pori-pori besar tentu aku akan butuh makeup base yang bisa membantu bb cream/foundie aku supaya "ga kerja keras" sendirian. Maksudnya bisa membantu untuk mengontrol minyak di wajah aku dan menyamarkan pori2 juga, jadi pas memakai foundation hasilnya akan jadi sempurna.


Ribet banget sis pake makeup base dulu. Wajah ga terasa berat ya?
Ya tergantung dari tingkat coverage yang kita butuhkan dan kemampuan coverage dari produk2 makeup itu sendiri ya. Kalo produk makeup base itu rata2 teksturnya sangat ringan seperti pakai skincare jadi ga kerasa kayak pakai apa2. Beberapa produk makeup base ada yang bisa memberi coverage tapi biasanya hanya meng-cover sedikit. Jadi selanjutnya tinggal kita butuh coverage yang seperti apa. Semakin tinggi coverage jelas semakin banyak layer nya dan bikin wajah jadi terasa agak berat. Tapi kalo untuk sehari2 sih cukup pakai bb cream/foundation 1-2 layer aja udah cukup.  Less is better, karena kulit kita juga perlu bernapas sesekali. :)


Apakah perlu menggunakan makeup base untuk sehari2?
Tetap kembali pada kebutuhan masing-masing, jika memang memerlukan "booster" supaya makeup lebih awet/sempurna bisa pakai makeup base dulu, apalagi kalo mau pakai produk yang berat seperti bb cream/foundation dan produk makeup lainnya wajib memakai makeup base ini. Tapi kalo cuma pakai bedak tabur saja sih tidak perlu pakai makeup base atau kalo ga kemana-mana sih tidak perlu memakai makeup base karena sekali lagi ini bukan skincare ya, jadi walaupun hanya minimal pakai makeup base saja tetap harus dibersihkan dengan produk cleansing yang sesuai supaya tidak menimbulkan problem kulit seperti jerawat, iritasi, dan sebagainya.


Ada tips untuk memilih makeup base yang bagus?
- Yang paling penting adalah kenali jenis kulit dan warna kulit kamu terlebih dahulu
- Bukan melihat brand atau harga, karena kualitas bagus belum tentu cocok dengan kulitmu atau yang murah belum tentu kualitasnya tidak bagus
- Cari informasi sebanyak2 nya atau baca dari review2 beauty blogger, beauty guru atau vlogger seputar makeup base yang bagus dan sesuai dengan kulitmu
- Kalo ada dijual di daerahmu, mungkin bisa mencoba tester nya dulu


Sis pakai makeup base apa?
Aku akuin baru tahun lalu mulai menggunakan produk makeup base krena memang aku orangnya anti ribet. Haha... Tapi ternyata kelihatan bedanya dengan memakai dan tidak memakai makeup base. Kalo ga pakai makeup base, wajah aku lebih gampang berminyak n keliatan greasy gitu tapi kalo pake makeup base bisa awet hingga seharian, paling kalo shiny gitu bisa di tepuk2 sedikit pake bedak tabur. Aku sejauh ini sudah mencoba 3 produk makeup base yang ketiganya adalah produk Korea seperti 3CE Pore Balm, Etude House Face Blur, dan Banila It Shiny. Kalo yang Etude dan Banila ada tambahan skincare nya sih, tapi membuat wajah terlihat lebih shiny n glowing. Wajah aku emang berminyak tapi aku ga takut pake produk yg bikin wajah shiny karena makeup base itu sudah punya kemampuan sendiri untuk mengontrol minyak di wajah, plus ditambah masih ada "senjata pamungkas" anti shiny yaitu bedak tabur atau mineral powder. Kalo yang 3CE Pore Balm itu untuk menutup pori2 dan bikin kulit jadi haluss banget sebelum pakai makeup. Kalo ditanya apakah ga pengen beli yang branded ? Ya jelas pengen dong! Tapi mungkin harus masuk wishlist dulu. Hehe... Untuk saat ini sih aku punya nya 3 makeup base itu. :)

(Pic Creditsource )

Jadi apakah setelah membaca post ini masih ada yang mau melewatkan atau menganggap makeup base itu ga penting? Dan apakah mungkin ada yang lagi mengincar produk makeup base tertentu? Atau apakah ada yang punya rekomendasi makeup base yang bagus untuk dibagikan buat teman2 disini? Jangan ragu2 kasih komentar di bawah yah dan jangan lupa sebutkan jenis kulit kalian jika merekomendasikan produk makeup base tertentu plus kisaran harganya jika ada. Jadi mari kita disini saling berbagi informasi dan pengetahuan seputar makeup base. Hehe... ^__^


🐼 THANK YOU FOR READING MY BLOG 🐨



No comments:

Post a Comment