Part 2: Essential Makeup Brushes for Flawless Makeup


Makeup dan makeup brush emang udah kayak gula dan semut alias udah ga terpisahkan. Hasil makeup yg sederhana maupun smpe yg rumit skaligus tetap membutuhkan yg namanya makeup brush. Biasanya selain makeup brush, ada alternatif lain untuk mengaplikasikan makeup seperti mnggunakan jari2 tangan kita. Tapi menurut aku hasilnya ga sesempurna seperti mnggunakan kuas dan belum tentu tangan kita udah bebas bakteri/higenis. Tapi tetap kembali lagi ke diri sendiri dan tergantung kebiasaan masing2. :)

Kalo di bulan Mei aku udah nge post yg sedetil2 nya tentang tips-tips memilih makeup brush yg berkualitas (Part1: Find Your Ideal Makeup Brush. Baca disini), sekarang aku mau share tentang jenis-jenis makeup brush yg ada. Jika ingin mahir menggunakan makeup, mulailah dengan memilih kuas yg tepat baik dari segi kualitas maupun fungsi2 nya. Smoga dengan tips2 yang aku berikan bisa membantu kalian untuk menentukan makeup brush mana aja yg wajib kalian miliki untuk basic to advanced makeup.


Berikut ini kategori makeup brushes berdasarkan fungsi-fungsinya dan dimulai dari makeup brushes yang bulunya paling banyak sampe bulunya yang paling pendek dan sedikit (source bisa dilihat disini):
  • Untuk powder, body, foundation, dan blush
  • Untuk highlight, countour, primer, dan concealer
  • Untuk eyeshadow base, eyeshadow application, blending eyeshadow, dan brow bone
  • Untuk eyeshadow detail, brow, lips, dan eyeliner

Makeup brush ada bermacam2 dan untuk lebih detil nya akan aku kelompokkan dalam eye brush, face brush, dan lip brush. Mungkin kalian akan sedikit bored atau puyeng pas baca krena makeup brush emang beragam banget jenisnya. Tapi disini aku share kategori makeup brush yg essential aja atau yg paling sering dipake. Kalo kalian bisa inget sluruh makeup brush di bawah ini, aku jamin klian udah bisa dandan ala MUA alias makeup expert. Hehe..

EYE BRUSH
- Eye Shading Brush
Ciri-ciri: Bentuknya agak pipih dengan ujung yg melengkung, bulunya pendek dan halus.
Fungsi: Untuk mengaplikasikan eyeshadow (powder/cream) di sepanjang kelopak mata.


- The Blending Brush
Ciri-ciri: Bentuknya lebar dan agak rata, bulu2 nya fluffy.
Fungsi: Untuk membaurkan warna2 eyeshadow pada bagian eye crease agar terlihat lebih natural dan membersihkan butiran2 eyeshadow yg berlebihan di mata.

- Small Tapered Blending Brush
Ciri-ciri: Bentuknya fluffy dan di bagian ujung nya berbentuk runcing.
Fungsi: Untuk mengaplikasikan eyeshadow secara akurat pada bagian lipatan mata agar menciptakan kesan warna yang lebih intense.

- Short Shader Brush/Smudge brush
Ciri-ciri: Bentuknya seperti eye shading brush tp ukuran nya lebih kecil. Terbuat dari natural bristles, bulunya sangat pendek dan rata.
Fungsi: Untuk membaurkan pencil/gel eyeliner dan menciptakan soft smokey-eye look.
   
- Angled eyeshadow brush
Ciri-ciri: Bentuknya kaku dan meruncing diagonal.
Fungsi: Untuk mengaplikasikan eyeshadow pada bagian lower lash line sehingga membentuk soft line. Juga untuk mengaplikasikan eyeshadow di bagian sudut mata luar, lipatan mata, dan seluruh kelopak mata.
- Pencil Brush
Ciri-ciri: Bentuknya runcing menyerupai pensil.
Fungsi: Untuk mengaplikasikan eyeshadow pada lipatan mata dan bagian lower lash line.
 
- Small Eyeliner Brush
Ciri-ciri: Bentuknya runcing dan kecil, terbuat dari natural bristles.
Fungsi: Untuk memudahkan mengaplikasikan liquid/gel eyeliner pada garis mata. Kuas eyeliner ini juga ada yg bentuk gagang kuas nya bengkok atau disebut Angled Liner Brush yg fungsinya juga untuk mengaplikasikan dan menentukan ketebalan eyeliner.

- Lash comb & Brow Brush
Ciri-ciri: Kuas ini perpaduan antara sisir untuk bulu mata dan sikat alis jadi satu.
Fungsi: Kuas yg satu ini paling sering dijumpai dalam makeup brushes set untuk beginners. Kuas ini dapat digunakan baik untuk eyelashes maupun eyebrows. Brush nya bisa untuk menghaluskan alis ke bawah dan sisir nya untuk membersihkan gumpalan mascara di bulu mata.

- Brow/Angled Eyeliner Brush
Ciri-ciri: Bentuknya pipih dan kaku dengan ujung yg meruncing diagonal, terbuat dari synthetic bristles.
Fungsi: Kuas ini bisa dibilang 'multifungsi' krena selain untuk mengaplikasikan gel eyeliner juga dpat digunakan untuk membingkai alis. Kuas ini biasa digunakan saat create cat-eye look atau winged-eye untuk menciptakan sudut atau mempertegas sisi eyeshadow/eyeliner.



FACE BRUSH
- Blusher/Bronzer
Ciri-ciri: Bentuknya mirip powder brush, fluffy dan bulat. Ukuran nya beragam mulai dari yg kecil, medium, hingga besar.
Fungsi: Untuk mengaplikasikan blush on dan bisa juga bronzer pada kedua tulang pipi.
Sigma Beauty Extravaganza F92 Blush Brush

Sigma Beauty Extravaganza F92 Blush Brush
Sigma Beauty Extravaganza F92 Blush Brush)
- Highlighting Brush/Fan Brush
Ciri-ciri: Bentuknya seperti kipas dengan bulu2 yg panjang dan fluffy. Terbuat dari natural bristles.
Fungsi: Kuas makeup ini juga termasuk kategori 'multifungsi' krena dpat digunakan untuk setting powder, mengaplikasikan blush on, membersihkan sisa-sisa powder yg berlebihan di wajah after finishing makeup, dan men-highlight tulang pipi.
- Foundation/BB Cream Brush
Ciri-ciri: Bentuknya agak pipih dengan ujung yg melengkung.
Fungsi: Untuk mengaplikasikan liquid foundation dan BB cream secara merata pada seluruh wajah.
 
- Concealer Brush
Ciri-ciri: Bentuknya mirip foundation brush tp ukurannya lebih kecil, terbuat dari synthetic bristles
Fungsi: Untuk mengaplikasikan concealer (biasanya creamy) pada daerah2 wajah yg sulit dijangkau seperti bagian sudut mata dan juga cocok untuk meng-cover blemish, acne, acne spot, dark-circle eye di wajah.

- Large powder brush
Ciri-ciri: Kuasnya lumayan besar, bulu2 nya tebal dan fluffy dengan ujung melengkung, bentuknya tebal dengan ujung melengkung, dan terbuat dari natural bristles.
Fungsi: Untuk mengaplikasikan loose powder agar hasilnya lebih merata alami di seluruh wajah.
- The Angled Blush/Contour
Ciri-ciri: Bentuknya fluffy seperti blush brush tapi yg ini agak miring.
Fungsi: Untuk melakukan contour di sepanjang tulang pipi, garis dagu, dan dahi. Teknik contour berguna untuk membuat ilusi wajah terlihat lebih kecil sehingga kuas ini termasuk essential banget dalam dunia makeup. Kuas ini juga bisa untuk mengaplikasikan blush on dan bronzer.
- Kabuki Brush
Ciri-ciri: Gagang kuasnya pendek, lebar, dan bulat. Memiliki bulu2 yg sangat tebal dan padat serta fluffy. Terbuat dari soft bristles.
Fungsi: Umumnya digunakan untuk meratakan mineral powder dengan teknik buffing pada area tulang pipi, tulang dahi dan tulang hidung. 
LIP BRUSH
Ciri-ciri: Bentuknya kecil, tipis dengan ujung meruncing.
Fungsi: Biasanya kuas ini paling sering diabaikan krena kbnyakkan orang langsung memulaskan liptick ke  bibir. Tapi dengan lip brush, tentunya penggunaan lipstick akan lebih maksimal dan terlihat jauh lebih sempurna.

BEAUTY BLENDER/BLENDING SPONGE
Selain makeup brushes di atas, masih ada 1 produk yang sudah pasti tidak asing lagi buat kita yaitu Beauty Blender. Walau bukan tergolong kuas, tpi menurut aku tool ini juga penting banget karena bisa untuk meratakan liquid/cream foundation dan bb cream agar wajah terlihat lebih smooth dan flawless. Selain itu tool ini juga bisa mencapai area-area terentu di wajah yang sulit dijangkau seperti sekitar mata, hidung, dan mulut.

And finally... sekian saja tips dari aku kali ini dan aku harap semoga post ini bisa bermanfaat buat kalian khususnya buat para makeup newbie/beginner yg pengen belajar makeup ato punya cita2 tuk jadi makeup artist (me too.. if possible.. haha). Di post Part 3:Let's Clean Your Makeup Brushes nanti, aku mau kasih sedikit tips tentang cara membersihkan makeup brushes kesayangan kamu. So, please make sure you've followed me via GFC/Bloglovin to stay updated. Hehe... Thanks! ^^


source:
link1  link2  link3  link4

8 comments:

  1. Lengkap banget postnya!! Aku suka ^^
    He he aku suka beli brush macem2 dan gag pernah ikut pakem sih XP

    http://hanaiyzm.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasiii say... aq jg lum lengkap smua sih makeup brush nya tp lg nyicil satu persatu soalx bnyk bnget wishlist ny.. haha.. btw thx for visit.. hehe..

      Delete
  2. great post!
    x

    veruzkas.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. lengkap banget postnya >,< nice infoo hehehe
    yg ak blm punya beauty blender sih, lg penasaran bagusan pake itu apa brush :D

    PS : I've just follow you, mind to follow each other? ^^
    icel,
    chelchellatte.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. thanks ya ce :)
    akhirnya tau juga jenis-jenisnya ^^

    ReplyDelete
  6. make up lebih rapi dengan make up tools nya, saya baru punya satu nih sis, hihihi rencananya beli lengkap dah, dari review sista jadi tahu lebih lanjut fungsi-fungsinya nihhh.. thanks yaaaa :*

    ReplyDelete