Part 1: Find Your Ideal Makeup Brushes


Sebelum mengenal dunia beauty lebih dalam, aku tidak pernah menyadari bahwa suatu makeup yang bagus hingga tergolong masterpiece sekalipun sangat membutuhkan peranan dari sekumpulan makeup brush yang berkualitas. Bahkan bagi para makeup artist, makeup tool itu termasuk dalam kategori benda yang paling disayang karena tanpa kuas makeup, tidak mungkin bisa menciptakan riasan yang fenomenal. Dulu pas masih awam soal makeup, aku cuma mengenal 5 kuas makeup standar yang biasa dijual 1 set dan harganya berkisar 10ribuan, itupun kualitasnya ga terjamin krena bulunya kasar banget dan gampang rontok. Padahal makeup brush itu terdiri atas beragam jenis dan tentu saja memiliki fungsi-fungsi yang berbeda. Semakin banyak jenis-jenis makeup brush yang dimiliki, semakin kompleks makeup yang dihasilkan. Dan semakin mahal harga suatu makeup brush, tentu semakin bagus kualitasnya. 

Belakangan ini, aku semakin memahami bahwa kuas makeup sangat penting buat kita yang hobi makeup jadi aku tidak mau asal-asalan dalam memilih kuas makeup.  Walaupun kebanyakan dari kita bukan makeup artist, tapi kita juga perlu memahami beberapa poin penting yang harus diperhatikan saat membeli makeup brush, dengan demikian kita bisa memilih kuas makeup yang bagus dan tepat.
  • Memahami perbedaan bulu kuas makeup yang terbuat dari natural bristles dan synthetic bristles. Natural bristles biasanya bekerja secara maksimal pada produk makeup dengan tekstur bubuk, sedangkan synthetic bristles cocok untuk produk makeup yang liquid/cream based. Namun, walaupun dirawat dengan benar, synthetic bristles biasanya hanya bertahan 2-3 tahun dan setelah itu akan menjadi kaku. Untuk membedakan natural bristles dan synthetic bristles, gunakan hair dryer dengan suhu yang tinggi dan tiup kuas makeup dengan hair dryer. Natural bristles biasanya bentuknya tetap sama, sedangkan synthetic fiber akan melengkung. (source)
  • Quality is everything. Pilihlah kuas makeup dengan kualitas terbaik bukan yang harganya murah. Memilih kuas makeup yang murah tidak akan menghasilkan makeup secara maksimal, kuas makeup yang murah pun pasti tidak akan awet dan cepat rusak, bahkan yang terburuk adalah dapat melukai wajah kita dan menyebabkan iritasi atau timbulnya jerawat.
  • Kuas makeup yang bgus dapat dilihat dari brush material nya. Urutan bulu kuas makeup dengan kualitas terbaik yaitu terbuat dari sable hair, pony hair, goat hair, squirrel hair, synthetic hair, taklon, dan nylon. Bulu kuas makeup yang terbuat dari sable hair memiliki kualitas paling TOP, sangat lembut, dan nyaman dipakai. Namun yang populer saat ini adalah bulu kuas makeup yang terbuat dari synthetic fiber. (source)
  • Kuas makeup yang bagus, bulunya tidak mudah rontok. Saat hendak membeli kuas makeup, coba jepit bulunya dengan kedua jari lalu tarik perlahan ke ujung bulunya dan lihat apakah ada bulu yang rontok. Bisa juga dengan cara agak menekan kuas makeup ke punggung tangan dan gambar setengah lingkaran untuk melihat bentuk potongan2 bulunya rapi atau tidak.
  • Kuas makeup yang bgus memiliki gagang yang terbuat dari kayu bukan dari plastik.
  • Kuas makeup yang bagus biasanya ada nomor seri untuk membedakan kuas yang satu dengan yang lain dan tidak hanya dijual dalam bentuk 1 set, tapi juga dijual dalam satuan. Buat para makeup newbie lebih disarankan tuk membeli kuas makeup satuan dulu agar lebih memahami fungsi-fungsi kuas makeup tertentu.
  • Memahami kegunaan dari setiap makeup brush. Sebaik apapun kualitas dari sebuah kuas makeup, jika tidak memahami fungsi dari kuas tersebut sama saja bohong. So, kualitas yang bagus diiringi dengan pemahaman akan fungsi kuas dengan tepat akan menghasilkan makeup secara maksimal. :)
Namun, kuas makeup dengan high grade sekalipun, jika tidak diberi perawatan yang tepat dan teratur tentu tidak akan membuat kuas makeup tetap awet. Jadi, setelah punya kuas makeup yang bagus, jangan lupa rajin-rajin dibersihkan 1-2 minggu sekali dengan brush cleanser ato shampoo supaya tetap awet dan tentu saja bebas kuman dan bakteri sehingga tidak menyakiti wajah kita. Selain itu, supaya kuas makeup awet, jangan lupa disimpan dalam makeup case yang tertutup rapat agar debu atau bakteri tidak bersarang di kuas makeup.

Bicara soal brand, brand makeup brush yang sangat terkenal ada banyak, seperti M.A.C, Bobbi Brown, Sigma, dan sebagainya. Makeup brush yang sudah memiliki "nama" pasti kualitasnya pun sangat terjamin, namun kalo cheap price kayaknya engga deh. Hehe. Tapi sapa sih yang ga pengen kuas dengan kualitas yang bagus dan lower price. Sayangnya aku jarang banget menemukan kuas dengan kriteria di atas, sampe aku baca salah satu review nya My Lovely Sister tentang kuas makeup "Masami Shouko". Pas abis baca review mereka kalo kuas Masami Shouko adalah favorit mereka, aku pun jadi penasaran sama brand kuas makeup yang satu ini. Sebenernya brand ini udah familiar banget krena hampir di semua cabang SOGO, Centro, Guardian Health&Beuty Store, Matahari, dan sebagainya menjual beraneka jenis kuas makeup Masami Shouko, cuman aku butuh lebih "diyakinkan". Hehe. :P

Kuas makeup brand Masami Shouko ini harganya rata-rata terjangkau banget, untuk 1 kuas harganya rata-rata mulai dari 20ribuan ke atas. Abis baca review nya My Lovely Sister, aku jadi yakin untuk membeli 2 kuas Masami Shouko yaitu Masami Shouko 215 M Dome Brush & Masami Shouko 206 M Lid Brush. Walaupun harganya ramah di kantong, tapi kualitasnya ga mengecewakan krena bulunya halus banget dan terbukti kalo Masami Shouko tidak mau setengah-setengah dalam membuat kuas makeup dengan kualitas yang terbaik. 

Produk makeup brush yang dijual di web Masami Shouko komplit banget jenis-jenisnya, selain itu harganya juga terjangkau High Quality. Masami Shouko menjual makeup brush, makeup chair, dan makeup case. Untuk makeup brush dijual dalam satuan maupun set (brush set/profesional brush set) dan makeup brush set yang dijual terdiri atas maksimal 60 makeup brush. Makeup brush Masami Shouko ini recommended banget buat para beauties yang baru belajar makeup atau pengen lebih mahir belajar makeup karena kualitas Masami Shouko makeup brush sangat terjamin, harganya terjangkau, dan sangat nyaman dipakai. Aku ga mungkin berani mengatakan kalo makeup brush nya Masami Shouko oke banget kalo aku belum mencobanya karena aku sudah membuktikannya sendiri. :) Sesuai dengan motto nya Masami Shouko yaitu "Beauty starts with the right tools", jadi kalo pengen belajar makeup, pilihlah kuas makeup yang tepat dan berkualitas terbaik. 

Untuk saat ini, kuas Masami Shouko aku mungkin baru 2, tapi pelan2 kuas makeup aku yg lama akan "di-upgrade" dengan kuas makeup Masami Shouko plus melengkapi kuas makeup aku yg belum ada. :D


Ini adalah contoh kuas-kuas makeup Masami Shouko. Untuk liat produk lengkapnya bisa langsung visit web nya disini.



Note. Post ini aku buat dalam rangka mengikuti writing contest yang diadakan Pygmalion Land Ft. Masami Shouko Indonesia. Untuk join, bisa klik disini.



Thank you for reading, girls! Smoga post ini bisa memberi sedikit referensi sebelum kalian memutuskan untuk membeli kuas makeup kalian. :)

4 comments: