Pentingnya SPF 15 untuk Perlindungan Optimal Setiap Hari

Hi Girlss!!


Mungkin dari judul di atas udah bisa ditebak kal post ini akan mengarah kmana. :D Eits, tapi jangan di close dulu coz aku disini ga ada maksud untuk promosi dan sebagainya. Aku tertarik untuk membuat post kali ini karena menurut aku, kita sebagai cewek wajib memahami dengan benar cara memberikan perlindungan yang optimal buat kulit kita. Kulit yang sehat dan cerah juga memancarkan inner beauty kita loh. So, kalo kamu sayang kulitmu, info yang aku bagikan pada post kali ini penting banget supaya kamu tahu cara memberikan perlindungan yang optimal terhadap kulit cantikmu. Di post ini aku mau ngasih info dengan sejujur-jujurnya tanpa ada yang aku tutup-tutupin hanya krena tujuan komersil semata, tapi aku pengen agar semua wanita Indonesia bisa lebih memperhatikan kesehatan kulit dan memberikan perawatan yang tepat. :)

Terus terang, aku ini orangnya paling benci matahari. Orang2 di skeliling aku menganggap aku lebay coz aku ga mau kena matahari sedikit pun, kalo keluar rumah aku slalu pake jaket. Matahari di pagi hari mungkin baik bagi kesehatan kulit, namun saat ini aku sudah tidak percaya dengan teori tsb. Menurut aku sinar matahari saat ini sudah tidak seperti dulu krena saat ini, baru 10-15 menit terkena sinar matahari, kulit aku terasa panas dan serasa mau terbakar. Itulah mengapa aku jadi protektif dengan kulit aku. Walaupun di dalam mobil, aku masih tetap pake selendang untuk menutup wajah dan badan aku supaya tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung krena menurut aku matahari saat ini lebih banyak mengandung dampak negatif daripada dampak yang positif. Sinar matahari yang terpapar langsung di kulit, khususnya di kulit sensitif kayak aku, dapat menyebabkan kulit menjadi panas seperti terbakar, kemerah-merahan yang kemudian menjadi berwarna kecoklatan atau belang, kulit keriput, membuat garis halus di bawah mata, bahkan dapat menyebabkan kanker kulit. Wah, dahsyat banget efek yg ditimbulkan kalo kita ga mngerti cara untuk melindungi kulit kita.
Secara umum, sinar matahari terdiri atas 3 komponen yaitu UVA, UVB, dan UVC. Sebnernya dalam jumlah yang tidak berlebihan, sinar ultraviolet (UV) memiliki manfaat seperti membentuk vitamin D dari provitamin D agar tulang tidak keropos, membentuk tirosin menjadi melanin sehingga kulit berwarna, dan membunuh bakteri jahat yang dapat menyebabkan penyakit seperti jamur. Namun jika terlalu lama berada di bawah sinar matahari tanpa perlindungan apapun, sinar UVA hingga UVC akan memberikan efek yang berbeda terhadap kulit namun semuanya sangat berbahaya dan sinar UVC memberikan efek yang paling mematikan. Berikut ini aku urutkan sinar UV dari yang efeknya 'agak' aman hingga paling krusial.



Sinar UVB - efek tembus sinarnya tak sedalam UVA, melainkan hanya sebatas sampai ke lapisan atas atau basal epidermis (lapisan epidermis). Efeknya hanya menggelapkan kulit saja. Jika berlama-lama berada di bawah sinar matahari, kulit akan menghitam.

Sinar UVA - mampu lebih dalam menembus kulit dan memiliki jangka waktu yang lebih lama untuk menimbulkan kerusakan pada kulit, seperti kerutan, dan gejala penuaan dini.

Sinar UVC - sinar ini amat berbahaya dan sangat merusak kulit, namun sinar mematikan ini masih dapat ditahan oleh lapisan Ozon (O3). Namun kebocoran lapisan Ozon akhir2 ini membuat sedikit dari sinar ini dapat masuk ke bumi yang menyebabkan cuaca akhir2 ini terasa begitu terik dan menyengat di kulit. :(

Wah, betapa ngerinya jika kita ga tau cara melindungi kulit kita dengan benar. Teori di atas tidak bermaksud untuk menakut-nakuti kita tetapi justru sbaliknya harus membuat kita sadar bahwa kulit kita sangat membutuhkan perlindungan yang benar dari paparan sinar matahari.

Saat ini dikenal 2 istilah dalam perlindungan terhadap kulit yaitu sunscreen dan sunblock. Perbedaannya, sunscreen berfungsi untuk menyerap sinar UV secara kimiawi dan sunblock berfungsi untuk menangkis sinar matahari secara fisik. Namun, sunscreen terbukti lebih efektif untuk melindungi kulit dari sinar UVB. Dalam memilih sunscreen, yang harus diperhatikan adalah nilai SPF (Sun Protection Factor) nya. Nilai SPF paling optimal untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVB adalah SPF 15. Namun, saat ini nilai SPF bisa lebih tinggi dari itu, seperti SPF 30, 40, 50, dsb. Namun, semakin tinggi SPF tidak menjamin kulit kita tidak akan terbakar oleh sinar matahari. Nilai SPF yang tertera tsb hanya menunjukkan seberapa lama kulit kita dapat bertahan di bawah sinar matahari tanpa terbakar dengan menggunakan produk tsb.

Misalkan, jika kulit kita dapat bertahan dari paparan sinar matahari tanpa terbakar selama 10 menit, maka nilai SPF dikalikan 10 menit = 15 x 10 menit = 150 menit atau 2,5 jam. Berarti suatu produk sunscreen dengan SPF 15 dapat melindungi kulit kita maksimal 2,5 jam dan setelah itu kita harus mengulangi pemakaian sunscreen krena kulit kita biasanya menyerap sunscreen tsb.

Baru-baru ini, produk lokal yang sudah tidak asing lagi bagi kita yaitu Marina mengeluarkan varian yang terbaru dari Marina UV White Extra SPF 15 hand & body lotion yaitu Marina UV White Extra SPF 15. Tinggal di negara yang beriklim tropis ini membuat Marina memahami dengan benar akan kebutuhan wanita Indonesia. Produk Marina UV White Extra SPF 15 ini diciptakan tidak hanya untuk membuat kulit cantik kita lebih putih merata, namun juga dilengkapi dengan perlindungan extra sehingga kulit kita tetap putih walaupun terkena paparan sinar matahari. 
 
Dalam 1 produk Marina UV White Extra SPF 15 ini mengandung sejumlah komponen yang berfungsi untuk melindungi kulit kita dengan maksimal yaitu:
  • SPF 15 : sebagai UVB Protection yang melindungi dari paparan sinar matahari. Selain itu, SPF 15 juga optimal untuk melindungi kulit dari sinar UV hingga 94%.
  • PA+ : sebagai UVA Protection yang membantu menghambat proses penggelapan kulit
  • Biowhitening Complex yang terkandung dalam Yoghurt & Vit. B yang kaya akan nutrisi, bekerja membantu mencerahkan warna kulit, sehingga tampak lebih putih merata
  • Vit. E : untuk merawat kulit agar senantiasa lebih halus dan lembut, serta moisturizers yang menjaga kelembapan kulit.

Wah, bisa dibayangkan nih bagaimana Marina mampu bekerja dengan baik dalam memberikan perlindungan yang optimal bagi kulit wanita Indonesia dari paparan sinar matahari hingga 94%. Walaupun termasuk dalam kategori produk lokal, tapi dengan kandungan di dalamnya yang dapat memberikan perlindungan terbaik bagi kulit, mengapa tidak kita manjakan kulit kita dengan sensasi yang menyegarkan dari Marina UV White Extra SPF 15 ini. Tekstur Marina UV White Extra SPF 15 hand & body lotion ini berbentuk seperti yoghurt dan berwarna putih susu serta aroma nya sangat menyegarkan. Teksturnya sangat lembut, mudah diresap oleh kulit, dan tidak membuat kulit terasa lengket.

Produk Marina UV White Extra SPF 15 ini tidak hanya membuat kulit cantik kita terlihat lebih cerah dan putih merata, namun juga disertai dengan sun protection supaya kulit kita juga terhindar dari dampak yang mengerikan akibat paparan sinar matahari, khususnya UVA & UVB. Buat sluruh wanita Indonesia, jika kalian telah memahami efek negatif dari paparan sinar matahari terhadap kulit kita, mulailah gunakan sunscreen atau produk seperti Marina UV White Extra SPF 15 ini untuk melindungi kulit cantikmu. Kulit yang cantik tentu saja berawal dari kebiasaan yang sehat, dan kulit cantik mencerminkan kecantikan yang alami. :) Biasakan dari sekarang dengan menggunakan Marina UV White Extra SPF 15 ini untuk memberikan perawatan dan perlindungan yang optimal untuk kulit cerahmu setiap hari.


Berikut ini beberapa tips dari aku agar kalian dapat menggunakan Marina UV White Extra SPF 15 secara maksimal:
  • Gunakan Marina UV White Extra SPF 15 terlebih dahulu sekitar 20-30 menit sebelum beraktifitas agar lebih meresap di kulit dan fungsi perlindungannya dapat bekerja secara optimal.
  • Sebaiknya ulangi pemakaian Marina UV White Extra SPF 15 setiap 2 jam sekali untuk menghindari kulit terbakar oleh sengatan matahari karena tidak terkecuali produk apapun yang dioleskan ke kulit dapat larut dalam keringat.
Tips-tips di atas tidak terbatas hanya pada produk Marina UV White Extra SPF 15 tetapi juga berlaku untuk produk sunscreen lainnya atau hand & body lotion yang dilengkapi dengan SPF. Buat kalian yang tidak terlalu sering beraktiftas di luar ruangan, produk Marina UV White Extra SPF 15 ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk melindungi kulit cantikmu. Namun, buat kalian yang lebih banyak beraktifitas di luar ruangan, SPF 15 atau SPF 30 saja tidak cukup. Jika intensitas aktifitas kalian di luar ruangan sangat tinggi, sebaiknya gunakan produk perlindungan kulit dengan SPF yang lebih tinggi agar kulit cantikmu tidak terbakar oleh paparan sinar matahari dan tetap putih merata serta terjaga sepanjang hari. Namun semakin tinggi nilai SPF, prlindungan yang diberikan hanya naik sekitar 1-2%, tapi kulit akan terlindungi dari sinar matahari lebih lama.

So, apakah kalian sudah memahami betapa pentingnya perlindungan terhadap kulit cantik kita? Apakah yang akan kalian lakukan untuk melindungi kulit dari sinar matahari? Produk Marina UV White Extra SPF 15 ini merupakan salah satu alternatif dari sejuta alternatif untuk melindungi kulit kita. Namun produk ini sudah cukup untuk melindungi kulit kita secara optimal jika kalian tidak terlalu banyak melakukan aktifitas di luar ruangan. So, mulailah dengan kebiasaan yang sehat dan tepat untuk melindungi kulitmu. Wanita yang cantik tidak hanya pandai menggunakan makeup, tapi juga mengerti cara membuat kulit selalu terpancar dengan cantik dan cerah. :)


Source1 | Source2

DISCLAIMER. Tulisan ini dibuat dalam rangka mengikuti lomba Blog yang diadakan oleh Sahabat Marina, namun opini ini murni bertujuan untuk memberikan pengetahuan yg benar tanpa dipaksakan oleh pihak manapun. Untuk mengikuti lomba ini, dapat klik disini.

Thank you & Have a Nice Day, Ladies! ^^

7 comments: