B Blog's I A.M a Blogger

Hello everyone!
Kalo di post sebelumnya aku ada membagikan tips memulai beauty blog (baca disini), sekarang aku pengen sharing sedikit 'sejarah' awal mulanya aku membuat beauty blog ini. hehe.. :D Kalo kalian penasaran, keep reading ya girls! :)


KENAPA AKU MEMBUAT BLOG?
Dari sejak kuliah dulu aku emang suka menulis blog tapi topiknya lebih banyak tentang curhat pribadi/kehidupan sehari-hari dan hal2 yg aku sukai jadi lebih kayak diary gitu. Tapi lama-kelamaan aku bosan coz isinya cuma curhat2 mlulu. :P 

Aku mulai bikin blog lagi pada januari 2013 dan bertahan hingga saat ini. Sejak mengenal dunia beauty aku jadi lebih semangat dan rajin nge-blog. Alasannya karena aku suka makeup dan aku ingin bisa menginspirasi reader aku melalui tulisan2 yg aku buat di blog ini yg berhubungan dengan beauty. :)

BAGAIMANA AKU MEMILIH NAMA DAN TEMA BLOG KU?
Bagi yg udah follow blog ini sejak pertama kali pasti tau nama pertama blog ini yaitu Carita de Angel. Pertama kali bikin blog ini emang sempet bingung pilih nama yg pas, akhirnya aku pilih nama Carita de Angel yg berasal dari nama telenovela favoritku pas masih kecil. :D Tapi nama itu cuma bertahan sekitar 2 bulan gitu dan akhirnya aku memutuskan untuk pake nama ku sendiri sebagai nama blog ini.

Nama asliku sebenernya Gloria Victory (suerr... lol) dan biasa dipanggil glo, glor, glory, gloria, ria, dll. :P Aku pake nama Glory krena lebih singkat dan Chen () adalah margaku dalam bahasa Mandarin. Aku lebih memilih menggunakan Chen (atau dalam hokkien : "Tan") agar bisa slalu mengingat alm. engkongku (Tan Sian Gwan). Jadilah nama blog ku hingga saat ini yaitu glorychen.blogspot.com. :) 

Tema blog ini udah jelas berhubungan dengan beauty, makeup, dan skincare. Sebenernya pas awal bikin blog ini aku ga pernah menyangka bakal menulis tentang beauty hingga saat ini. Aku mulai menulis tentang beauty sejak join komunitas beauty yg udah populer banget di Indonesia yaitu Indonesian Beauty Blogger. Lewat komunitas ini aku mulai belajar yg namanya 'dandan', mengenal produk2 makeup, skincare, dll. Dan dengan nge-blog, aku dipacu untuk belajar tentang makeup lbih banyak lagi dan pengetahuanku tentang produk2 makeup serta skincare juga makin bertambah.


KEUNTUNGAN YANG AKU DAPAT SELAMA NGE-BLOG?
B-a-n-y-a-k ... !
Yep, banyak banget keuntungan yg aku dapat selama nge-blog, di antaranya yaitu:

1. Dapat banyak teman baru sesama pecinta makeup
Dari dulu temen2 dket pas skul bhkan smpe kuliah ga ada yg minat sm yg namanya makeup. Sejak nge-blog dan join IBB aku sneng bnget krena dpet banyak temen baru yg semuanya suka makeup jd bisa sharing ato curhat2 soal makeup. hehe... :D

2. Mengasah kemampuan menulis
Sbenernya aku tuh ga pandai mnulis dan sering kehabisan kata2 / ide. :P Tp dengan nge-blog aku ingin terus belajar untuk menulis lebih baik lagi dan membuat artikel2 yg slalu bikin reader tertarik untuk membaca. :)

3. Belajar teknik2 photography dan editing photo
Karena beauty blog sering bikin review produk, aku jadi ditantang untuk menghasilkan foto2 produk yg aku review lebih baik lagi dengan cara mempelajari sejumlah teknik fotografi untuk menciptakan foto2 yg menarik dan tentu saja dengan kualitas yg baik. Makanya akhir taon lalu aku upgrade kamera pocket aku jadi kamera MILC (semi DSLR) yaitu Sony NEX-5T untuk meningkatkan kualitas foto2 di blog ku. Aku juga banyak belajar cara2 editing foto/gambar supaya terlihat lebih menarik.

4. Mengasah kemampuan dandan
Sejak nge-blog aku bener2 dari ga tau dandan sama sekali smpe jadi lebih mahir makeup sampe sekarang. Sebenernya kemampuan makeup ku jg masih biasa2 aja tp dibandingkan awal nge-blog bener2 parah, cuma tau yg namanya bedak dan lipgloss. lol.

5. Mengenal berbagai produk makeup dan skincare
Aku jadi mengenal produk2 makeup yg cocok dengan skin tone aku dan sejumlah produk skincare yg cocok dengan perawatan jenis kulitku.

6. Dapat banyak informasi baru dari blogwalking
Blogwalking itu ga cuma menambah teman baru tapi juga berguna banget untuk mendapat banyak informasi baru dan biasanya jadi sarana aku untuk belajar dari beauty blogger lain yg udah berpengalaman. Dari blogwalking aku jadi belajar untuk menulis blog post yg lebih baik, membuat foto yg lebih menarik, dapat banyak tips2 baru, dsb. :)

7. Dapat produk makeup/skincare gratis
Ga pernah terbayang sebelumnya kalo dengan nge-blog tentang beauty aku bisa nyobain berbagai produk beauty, makeup / skincare dengan gratis. Rasanya seneng banget krena company / ol shop tertentu mempercayakan aku untuk menulis review ttg produk mereka sesuai dengan pengalamanku sendiri slama memakai produk mereka.

8. Diundang ke berbagai event
Aku bersyukur di Sby masih ada event2 beauty walau ga trlalu sering. Tp aku seneng banget bisa diundang ke berbagai event krena bisa bertemu dengan tmen2 beauty blogger di Sby dan skligus mengenal lebih jauh company/brand yg mengundang aku.

9. Banyak giveaway, blog contest dan makeup challenge
Tentunya blogging juga jd lebih menarik krena ada buanyak lomba2 berhadiah (giveaway), lomba blog dan berbagai makeup challenge. Dulu awal nge-blog pling smngat ikutan giveaway tp saat ini aku lebih suka ikutan lomba blog krena kbnyakkan disuruh membuat tulisan jd bisa mengasah kmampuan mnulis ku dan menambah wawasan. Plus kdang2 aku juga ikutan makeup challenge kalo pas ada waktu luang. :)

TIPS DAN TRIK SEBAGAI SEORANG BLOGGER
Aku sudah pernah membahas secara detail tips dan trik untuk menulis beauty blog ato menjadi seorang beauty blogger disini, tapi aku akan bahas lagi di post ini tapi hanya poin2 penting untuk digarisbawahi aja. 

1. Konten yg menarik & berkualitas
Selalu buat konten tulisan yg menarik dan tentu saja berkualitas artinya banyak informasi yg disuguhkan tp disampaikan dengan semenarik mungkin misalnya dngan gaya bahasa yg ringan, foto2 ilustrasi, dsb agar reader tertarik dan merasa nyaman untuk membaca.

2. Bahasa
Slalu pilih bahasa yg pling nyaman agar tidak membuat kesulitan saat menulis artikel krena harus men-translate, belajar grammar dulu, dll. :P Tp jngan lupa untuk slalu mnggunakan bahasa yg baik & sopan.

3. Kualitas foto
Agar tulisan ga monoton, sertakan dengan berbagai foto yg menarik dan sebisa mungkin menggunakan foto hasil jepretan sendiri agar tulisan tersebut terkesan lebih orisinil. Tentu saja kualitas foto jg penting krena smkin baik/tinggi kualitas foto maka diliat nya juga lebih mnarik. :)

4. Original
Plagiat atau meng-copy tulisan orang lain slain ga mnghrgai si author asli juga jadi merendahkan kmampuan sendiri. Jadi slalu buat tulisan yg orisinil yg bener2 hasil rangkaian/permainan kata2mu sendiri berdasarkan ide2/kreatifitasmu ato bisa dari inspirasi2 yg kamu dapatkan.

5. Passion & Consistency
Slalu punya passion untuk menulis dan membagikan ide2 baru buat reader serta tetap konsisten untuk menulis blog secara rutin.

6. Buy what you need & not what you want
Ini yg paling penting buat yg pengen jadi blogger khususnya beauty blogger. Biasanya jadi beauty blogger itu mendadak punya 'segudang' barang yg pengen dibeli. Untuk mengontrol budget supaya ga overlimit, buat wishlist barang2 yg kamu butuhkan saja dan bukan barang yg kamu inginkan.

YANG AKU TAHU TENTANG B BLOG...
B Blog adalah singkatan dari Bina Blog yg merupakan bagian dari perusahaan CyberBuzz, yaitu merupakan sebuah perusahaan yg khusus bergerak di bidang blog network sejak April 2006. CyberBuzz yg juga merupakan anak perusahaan dari CyberAgent menawarkan jasa social media dan word-of-mouth websites di Jepang, dan kini memiliki lebih dari 10,000 members. 

Singkatnya, B Blog adalah sebuah blog network terbaru khusus Indonesia yang dioperasikan oleh CyberBuzz, pemain blog network No. 1 di Jepang dari Grup CyberAgent. Banyak keuntungan yg diperoleh dengan jadi member B Blog seperti dapat akses untuk berkolaborasi dengan premium advertisers, termasuk brand bermutu yg sangat antusias untuk bekerjasama dengan member B Blog

Slain itu B Blog juga sering mengadakan event2 ato lomba2 menarik lho salah satunya yaitu lomba menulis. Dan saat ini B Blog lagi mengadakan lomba menulis bertema "B Blog's I A.M a Blogger". Buat yg tertarik untuk mengasah kemampuan menulis nya bisa join dengan klik banner di bawah ini. Hadiah nya lumayan lho... ^^


s.bblog.web.id/c/LOR2g0


  Berpartisipasi dalam B Blog’s, I A.M a Blogger [2] 

Acara ini di organisir oleh B Blog Indonesia dan di sponsori oleh :

3 comments:

  1. Your blog is a great hotspot for inspiration :D

    I have no choice but to follow you around :P

    Come by for a chat or follow if you like of course :)

    Happy week!


    xxx

    TECH CHAT -- FOTOR
    Visit The Fashion Milkshake Blog
    JOIN TFM BLOGGER NETWORK

    ReplyDelete
  2. Great blog!


    Would you like to follow eachother on blogger, GFC and blogovin?
    http://helderschicplace.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. good luck for the challenge :) keep blogging!

    xx,
    felishmichelle.blogspot.com

    ReplyDelete