Pregnancy Story #2: My Tips for Mommy-to-be

Hello....
So seperti yang udah aku sebutin di post sebelumnya kalo di post kali ini aku pengen sharing apa aja yang udah aku lakukan untuk menyambut "my little boy" yg tinggal 5-6 minggu lagi udah ada dalam pelukanku. Udah ga sabar nih.. hehe... Jadi berikut ini adalah hal2 yg aku lakukan selama hamil ini:

1. Pola Makan Teratur dan Konsumsi Makanan Bergizi
Sebelum tau hamil, aku hampir melewatkan 4 bulan pertama tanpa memperhatikan pola makanku dan kebutuhan nutrisi si baby sampe bikin aku sempet khawatir banget kalo si baby kekurangan gizi. Jadi aku mulai mengubah pola makanku jadi lebih teratur dan konsumsi makanan yg sehat, minimal ada daging, sayuran dan protein gitu. Aku juga mulai minum susu khusus ibu hamil untuk menyempurnakan kebutuhan nutrisi si baby. Susu itu penting banget krena belum tentu makanan kita memenuhi semua kebutuhan si baby untuk perkembangannya. Dan yg namanya sarapan itu juga wajib banget n ga boleh terlewatkan.

2. Konsumsi Buah-buahan dan Cemilan Sehat
Kebetulan aku ini fruit lovers sejati jadi selama hamil aku suka banget konsumsi buah2an dan tiap hari selalu bervariasi biar ga bosen. Tapi favoritku adalah alpukat dan jeruk. Sebelum hamil aku pling suka ngemil snack, dan pas hamil jg msih tetep cm ga sering2 banget. Cemilan favoritku slama hamil ini yaitu yoghurt, cheesecake, roti gandum, sereal, air kacang ijo, dll. 

3. Hindari Alkohol, Kafein, Soda, Junkfood, Makanan Instan/Berpengawet
Yep, itu udah harga mati buat ibu hamil kalo pengen pertumbuhan dan perkembangan si baby lebih maksimal. Honestly, aku ini pecinta minuman bersoda apapun itu, tp sejak hamil slalu menahan diri buat ga minum soda. >_< Dan untungnya aku dari dulu emang ga pernah konsumsi alkohol dan jarang banget minum minuman yg kafein, teh juga mengandung kafein tp aku jg ga tlalu suka minum teh kecuali yg berperasa kayak fruit tea. lol... 


4. Wajib Minum Vitamin dari Dokter
Sejak trimester pertama, dokter akan memberi resep beberapa vitamin yg perlu diminum selama kehamilan. Vitamin2 ini wajib diminum dan dihabiskan krena juga bermanfaat untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya si baby. Selain itu juga untuk memlihara daya tahan tubuh dan menunjang gizi si ibu selama kehamilan.

5. Jangan Minum Obat Sembarangan
Selama kehamilan mungkin kita berharap tubuh selalu fit tp kenyataannya ada waktunya dimana badan kita jadi lemah atau sakit. Tapi yg hrus diingat adalah sakit pas hamil dan pas ga hamil itu beda obatnya. Lebih baik konsultasi dulu ma dokter sbelum bli obat spaya dokter bisa kasih resep yg aman buat orang hamil. Kalo aku pengalaman pas hamil ini sempat kena batuk dan flu, badan meriang2. Tp aku usahain pake obat tradisional spaya lebih aman, tetep makan yg bergizi dan banyak istirahat jadi lebih cepet pulih. Tp sakit yg pling bikin aku menderita pas hamil yaitu sakit gigi! Ugh, ga nyangka gigi bs smpe berlubang. Katanya orang hamil pasti sakit gigi. Kalo sakit gigi pas hamil hrus segera ditangani apalagi klo smpe berlubang.

6. Kurangi Aktifitas dan Istirahat Cukup
Pas trimester 1-2 badanku ini masih lincah n fit, pekerjaan rumah msih bisa aku kerjain sendiri. Tp menjelang masuk trimester ketiga udah mulai payah n cpet bnget capeknya jd sekarang lebih banyak istirahat dan makan makanan yg bergizi aja. Kalo siang juga istirahat sebentar. :)

7. Olahraga
Poin yang satu ini paling jarang aku lakukan selama hamil krena banyak kendala salah satunya aku gampang capek n sakit pinggang. Paling aku di rumah tetep jalan mondar-mandir gitu biar kaki ga kaku. Dan kadang2 jalan2 ke mall, hihi... Aku juga mulai ikut senam hamil minggu lalu untuk kebugaran dan persiapan menjelang persalinan nanti. Rasanya lucu gitu satu ruangan isinya pada ibu hamil semua. LOL... 

8. Hati-hati saat Melangkah
Semakin tua usia kehamilan makin rawan jatuh ato kepeleset. Honestly, aku pernah sekali kepeleset sampe jatuh terduduk di lantai pas keluar kamar mandi bulan juni kemaren. Waktu itu shock bnget krena bisa sampe kepeleset tp untungnya jatuhnya posisi dengan kdua kaki terlipat ke kanan dan menopang badanku dan ga langsung jatuh krena aku sempet berusaha meraih tembok. Jadi hati2 saat melangkah dan kalo pas jalan2 keluar mending pakai sepatu datar. :)

9. Pijet pas Hamil
Boleh kah pijet pas hamil? Boleh2 aja.. Seperti yg udah aku sebutin kalo slama hamil ini aku gampang capek n pegel2 jadi tiga minggu sekali aku pijet ato relaksasi gitu. Tp pijet buat orang hamil itu beda yaa, cuma boleh di daerah bahu, punggung, tangan dan kaki. Bagian perut dan pinggang ga boleh dipijat. Slama hamil aku juga langganan pake koyo, balsem, dll soalnya pinggang ini aduhai deh sakitnya. Ga ilang2 deh... Sekali2 boleh donk manjain diri dengan pijat / relaksasi. hehe... 

10. Selalu Positive Thinking
Yg satu ini kelihatannya remeh tp sebenernya banyak banget manfaatnya. Pikiran itu sangat mempengaruhi kesehatan kita juga lho. Jadi kalo kita sering negative thinking, cemas, takut, banyak pikiran apalagi sampe stress bisa mempengaruhi kondisi dan bahkan perkembangan si janin. Dengan slalu positive thinking, kita jadi lebih semangat menjalani aktifitas slama kehamilan. Rahasia supaya bisa slalu positive thinking yaitu harus banyak gerak n mlakukan aktifitas agar pikiran kita jauh2 dari yg namanya negative thinking dkk.

11. Banyak Baca Buku/Majalah Seputar Kehamilan
Bersyukur banget dengan diriku yg suka membaca jd slama hamil ini aku ga pernah berhenti mencari berbagai informasi tentang kehamilan baik dari buku, majalah ato internet. Apalagi sebelum tau hamil aku bener2 buta soal kehamilan jd wajib banyak baca. :P Dan menjelang persalinan ini, aku juga mulai membaca buku2 panduan merawat bayi. Mungkin teori dan praktek ga sama tp paling ga aku punya gambaran buat bekal setelah si baby lahir nanti. Dan bisa aja aku lupa semua yg aku baca dan lebih menggunakan naluri alami untuk merawat si baby. :)


Jadi semua itu adalah hal2 yg aku lakukan selama kehamilan ini, kelihatannya kok seperti pola hidup yg sehat banget yah. Haha... Ya begitulah kalo pas hamil, ga boleh ego dan harus tetep mikirin kondisi si baby dengan cara selalu menjaga kondisi fisik dan memperhatikan kebutuhan nutrisi si baby tiap hari. Awal2 nya rasanya berat banget sih apalagi ditambah mood pas hamil itu suka naik turun. Pas awal2 hamil itu mood sering ga stabil, jadi suka marah2, gampang emosi, dll. Tp mulai masuk trimester kedua udah mulai lebih stabil, yg penting stay positive thinking aja n banyak2 berdoa. :)

Semoga post ini bisa bermanfaat buat calon2 ibu ato buat yg lagi program hamil. hehe... Di post berikutnya nanti aku pengen share RS dan proses persalinan yg aku pilih, newborn essential checklist versi aku, dan mungkin sama foto2 maternity. Hehe...


THANKYOU FOR READING MY BLOG
SEE YAA..! ^^

2 comments: