Korean's Standard of Beauty - Part #1

HI BEAUTIES! Im back~
Post pertama aku di bulan September ini, aku pengen ngebahas tentang "Standar kecantikan di Korea". Kalo kalian perhatiin baik2 pas nonton music video (MV) KPOP girl groups (kayak SNSD, 2NE1, KARA, 4Minute, dll), cewek2 di dalam video itu pasti cantik2 smua dan punya postur tubuh yang tinggi dan ramping. Udah menjadi hal biasa kalo cewek2 di Korea rajin perawatan rutin, pake sejumlah produk makeup, melakukan diet ketat, bahkan sampai melakukan surgery. Semua itu dilakukan oleh cewek2 Korea demi ngedapetin wajah yang cantik dan mulus serta tubuh yang langsing dan menarik.


Bagi wanita Korea, kecantikan adalah prioritas utama jadi ga heran kalo cewek2 Korea rajin merawat diri agar semakin cantik, sedangkan yang memiliki wajah pas2an akhirnya mutusin untuk menjalani surgery alias oplas supaya bisa cantik seperti idola mereka, kayak boneka, ato kayak orang Barat. Tapi satu hal yang pasti adalah cewek2 Korea selalu mendambakan punya perfect face ato yg biasa dikenal dengan istilah "Ulzzang". So, kayak gimana sih definisi cantik di Korea?


SMALL FACE
Memiliki wajah yang kecil di Indonesia mungkin akan terlihat cukup aneh, namun sebaliknya sangat dikagumi kalo di Korea. Semakin kecil wajah maka terlihat semakin cantik. Itulah mengapa cewek Korea merasa pede jika wajahnya kecil, bahkan di kalangan artis biasanya dibuktikan dengan menggunakan meteran. Menurut orang Korea, jika memiliki wajah kecil maka akan terlihat ramping ketika di foto. (source) Selain itu, punya wajah kecil dianggap sebagai keberuntungan dan simbol dari kecantikan. 

  
BIG EYES
Cewek2 di Korea percaya jika mata yang besar dapat menciptakan ilusi yang membuat wajah terlihat kecil. Namun karena rata2 cewek Korea aslinya bermata sipit, makanya ga heran kalo softlens adalah produk wajib kalo pengen terlihat cantik dan ulzzang. Cewek Korea biasanya menggunakan softlens berwarna natural dipadukan dengan smokey eyes dalam ulzzang makeup. (source)



DOUBLE-FOLDED EYELID 
Kebanyakan orang Korea tidak memiliki lipatan mata ato double eyelid, namun ada di antaranya yang sudah memiliki dari sananya. Bagi orang Korea, punya lipatan mata itu dianggap cantik. Untuk memiliki lipatan mata saat ini sangat mudah karena sudah tersedia berbagai produk untuk menciptakan lipatan mata secara instan, seperti double eyelid tape, eyelid glue, dll. Namun, banyak juga cewek Korea yg pengen punya lipatan mata secara permanen dengan melakukan oplas. Buat yang pengen punya lipatan mata, bisa praktekin tutorial ini.



DEFINED NOSE
Bentuk hidung yang dianggap sempurna di Korea adalah yang mancung cenderung tajam dan lurus, namun juga terlihat mungil. Cara mudah supaya hidung terlihat mancung adalah menggunakan teknik countour dan highlight untuk membuat ilusi garis hidung yang lurus dan tegas serta terlihat mancung. Cewek2 Korea ato ulzzang makeup biasanya men-highlight garis hidung mereka agar terlihat lurus.


A POINTED CHIN
Wajah berbentuk oval sudah tidak populer lagi di Korea. Bentuk wajah yang dianggap cantik saat ini selain kecil namun juga harus berbentuk "V-Line" yaitu bentuk wajah yang terlihat meruncing di bagian dagu. Jenis oplas yang termasuk sering dilakukan di Korea adalah memotong tulang agar rahang terlihat ramping dan membuat dagu berbentuk V. Namun, jenis surgery ini dikateorikan 'berbahaya' karena selain prosedur nya yang kompleks dan membutuhkan waktu berbulan2, juga dpat menyebabkan efek samping yg cukup serius. (source) Disini aku share beberapa tutorial untuk dapetin wajah berbentuk V-Line secara alami tanpa oplas: tutorial #1 & tutorial #2.


WHITE-TO-PALE SKIN
Bisa dikatakan bahwa cewek2 bahkan cowok2 Korea adalah "vampire". Why? Karena mereka menganggap bahwa matahari itu sangat menakutkan sehingga kemana2 mereka selalu memakai baju yang tebal, scarf, topi, dan sunscreen udah jadi produk wajib mereka buat kemana2 agar tidak terkena paparan sinar matahari. Punya kulit yang gelap di Korea dianggap sering bekerja di bawah sinar matahari dan itu tidak 'high class' bahkan dianggap miskin menurut mereka. Itulah mengapa produk2 whitening cream, sunscreen, sun mask termasuk populer dan wajib digunakan oleh cewek Korea agar kulit mereka selalu terlihat cerah dan lembut seperti baby skin.


SLIM BODY
Tidak ada masalah jika tidak memiliki lekuk tubuh yang sempurna, asalkan punya badan yang ramping/langsing sudah dianggap cantik. Di Korea, diet merupakan hal yang sangat biasa karena dilakukan oleh hampir seluruh wanita Korea yang ingin terlihat cantik. Di kalangan artis2 Korea, mereka punya cara diet yang berbeda2 mulai dari diet yang masih dianggap normal sampai yang tergolong ekstrim.


Sebenarnya standar kecantikan di Korea masih banyak lagi seperti punya alis yang tidak melengkung tapi lurus dan tebal, pipi yang berwarna peachy, ombre lips, punya kantung mata, dsb. Dan di Korea, berbagai jenis produk untuk mewujudkan semua kriteria di atas sudah tersedia. Pengaruh KPOP disana emang sangat besar sekali jadi ga heran produk2 makeup&skincare laris manis bnget disana. Untuk jadi cantik seperti wanita Korea emang ga mudah karena mereka sudah terbiasa tinggal di lingkungan yg serba mudah untuk mendapatkan berbagai jenis produk kecantikan dan berbagai klinik perawatan kcantikan pun sampai menjamur dimana2. Tapi aku harus akui kalo produk2 Korea seperti makeup dan skincare nya itu top banget kualitasnya dan slalu jadi favorit aku karena slama pake produk2 dari Korea ga pernah ada keluhan ato msalah yang serius. :D


And finally, post ini hanya sekedar share buat yang pengen tau lebih banyak tentang standar cantik di Korea dan tidak bermaksud men judge coz definisi cantik di tiap negara itu berbeda2 dan pasti ada plus minus nya trgntung sudut pandang masing2. Tapi sebenarnya masih ada juga cewek2 di Korea yang tidak terpengaruh sama sekali dengan fenomena tsb dan sebaliknya berusaha menerima diri mereka apa adanya. Yg terpenting cukup diambil yang positif2 nya aja ato yg bisa ditiru tp dengan cara yg 'aman'. Hehe.. Owh ya, pls koreksi ya klo ada yg salah di post q ini. :D

Di post Korean's standard of beauty #2 selanjutnya nanti aku akan nge bahas tentang standar kecantikan di Korea versi cowok alias yang udah nge trend banget dengan istilah "Flower Boy" di Korea. Penasaran? So, stay tune yah! 

THANK YOU FOR READING MY BLOG
~Gamsahamnida~
xoxo <3 

 ***UPDATED***




16 comments:

  1. Nice post. Kayaknya setiap negara punya definisi cantik atau ganteng sendiri. Kayak orang bule, mereka punya pale skin, malah pengennya yang tan gitu skinnya.

    beautifyiu.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah.. mkanya g bs dianggap bruk jg.. trgntung qta ngeliat ny gmna.. hehe..

      Delete
  2. Saya kok merinding bacanya :). Artinya perawatan wajah dan make-up saja tidak cukup ya, harus didukung yang lain juga.
    Ditunggu cerita Flower Boy-nya...

    Dina
    kurosakihikari.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sbnernya rutin perawatan dan rajin exercise aja udah bs bikin tubuh jd lebih sehat dan kliatan cntik.. ada jg org Korea yg tnpa oplas kliatan cntik krena mereka pede dngan dirinya..
      Hehe.. okey sis.. thanks ^^

      Delete
  3. Nice post nih sai. Seru bacanya hihi. Ditunggu post berikutnya. ^_^

    Luci
    gratefulbeauty.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Jadi agak bersyukur bukan orang Korea. :( tapi sejujurnya ya, kalo menurutku sih korean look apalagi ulzzang itu keliatan fake banget. Mana ada muka yang mulus bersinar tanpa diapa-apain. Trus gara-gara mukanya pada glowing&flawless gitu, aku jadi ga bisa bedain nama-namanya. Keliatan sama semua mukanya. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. sbnernya bnyk jg yg dr sanax ud cntik n mulus tnpa makeup, oplas dll.. yah mgkin pngaruh lingkungan aja.. hehe...

      Delete
  5. wah mereka benar2 ter-obsesi yah..
    nunggu post selanjutnya, seru juga baca post ini ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. pling bnyk di klangan artis yg terobsesi.. hehe.. iyah , sgera nyusul.. makasih yah.. hehe..

      Delete
  6. mau betulin nih say~ aegyosal beda sama kantung mata XD
    bisa baca disini http://bani-eun.blogspot.com/
    ada ulasan dikit bedanya aegyosal n kantung mata :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi sis.. thanks bnget ud prbaiki yg kliru di post q.. mksud aq cm kantung mata aja... hehe.. thanks dear..

      Delete
  7. wah, standar terlalu tinggi, terlalu perfectionist...untung yah diindo ga ada standar beauty..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya... mgkin disana pngaruh lingkungan ny kuat skali.. tp msih ad jg sih yg ga trpengaruh... hehe..

      Delete
  8. great post!
    x

    veruzkas.blogspot.com

    ReplyDelete
  9. So cute I love the Ulzzang look!!!


    恵美より ♥
    www.emi-doll.blogspot.com

    ReplyDelete